Kombinasi Software Delphi dan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Dimensi Tiga

Main Article Content

Zulfan Rhamdany Syamsul Arifin Samsul Irpan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran pada materi dimensi tiga submateri jarak titik ke garis, jarak titik ke bidang, sudut antara dua garis, sudut antara garis dan bidang, dan sudut antara dua bidang menggunakan kombinasi software Delphi dan Geogebra serta untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran pada materi dimensi tiga. Media pembelajaran yang dimaksudkan oleh tim peneliti diberi nama DEGEO MATH 3D. Pengembangan ini merujuk pada model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel.
Hasil penelitian pengembangan ini diperoleh sebagai berikut: Pertama tahap validasi ahli oleh 3 validator meliputi apek pemrograman, isi (materi) dan tampilan. Rata-rata hasil validasi ahli diperoleh 3,867 yaitu dalam kategori media “cukup valid”. Kedua tahap uji coba terbatas respon peserta didik terhadap media pembelajaran dan diperoleh hasil rata-rata sebesar 71,333% yaitu dalam kategori media “baik”. Ketiga tahap uji lapangan rata-rata peserta didik memberikan respon 76.057% yang dalam kategori media “baik”. Hasil rata-rata pre test adalah 41,86, sedangkan hasil rata-rata pos test adalah 78,29. Terlihat perbedaan signifikan antara hasil rata-rata data pre-test dan post-test. Hasil ini diperkuat dengan hasil perhitungan uji t sample related dengan software SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,00 < alfa = 0,05. Dari hasil tahapan yang ditempuh berikut dengan hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa penggunaan DEGEO MATH 3D efektif dalam pembelajaran matematika materi dimensi tiga.

Article Details

How to Cite
RHAMDANY, Zulfan; ARIFIN, Syamsul; IRPAN, Samsul. Kombinasi Software Delphi dan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Dimensi Tiga. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 262-269, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/82>. Date accessed: 07 apr. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Noris P. Nilawasti Z. dan Dodi V., “Penggunan Makromedia Flash 8 pada Pembelajaran Dimensi Tiga”, Jurnal Pendidikan Matematika Part 2, No. 1, Vol. 1 (2012)
[2] Wan N. Hazlina W. Jusoh dan Kamaruzaman Jusoff, ”Using Multimedia in Teaching Islamic Studies”, Journal Media and Communication Studies, Vol. 1, No. 5, (2009)
[3] Ahmad Sabri dan Gusmaneli, “The Using of Media in Learning Fiqh to the Islamic Education Department of Education and Teacher Faculty of IAIN Imam Bonjol Padang”, Al-Ta’lim Journal, Vol. 22, No. 2, (2015)
[4] Munir, Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan (Bandung: CV. Alfabeta, 2015)
[5] B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)
[6] Nia Kania, “Efektivitas Alat Peraga Konkret Terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa”, Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), No. 2, Vol. 1 (2017)
[7] Nanda P.A., “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Inquiry Pada Materi Geometri Untuk Kelas X SMA” (Skripsi, UNY, Yogyakarta, 2015)
[8] Aplikasi PAMER UN dari BSNP–KEMENDIKBUD tahun 2012/2013, 2013/2014, 2014/2015 dan 2015/2016
[9] Husnul Khotimah, “Meningkatkan Hasil Belajar Geometri dengan Teori Van Hiele”, Makalah Seminar Nasional di UNY (2013)
[10] Desti. A.Z., Amin.S. dan Putiaji.H, “Keefektifan Model RTE Berbantuan Magic Box Pada Materi Jarak Terhadap Hasil Belajar”, Unnes Journal of Mathematics Education di Universitas Negeri Semarang (2013)
[11] Sanusi, Edy S. dan Davi A., “Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA)”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, No. 2, Vol. 3, (2015)
[12] Agus D.K. dan Luthfiyah N., “Pengembangan Buku Siswa Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Cornflake Cookies Pada Siswa Tunagrahita SMA-LB Negeri Gedangan, Sidoarjo”, E-Journal Boga, No. 1, Vol. 2, (2013)
[13] Syaharuddin, Vera M. dan Yunita S., “Pengembangan Software Matematika SMP/MTs Berbasis Solutif Menggunakan Borland Delphi”, Beta Jurnal Pendidikan Matematika, No. 2, Vol. 8 (2015)
[14] Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development (Bandung: CV. Alfabeta, 2016)
[15] S. Thiagarajan, D. S. Semmel dan M. I. Semmel, Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook, (Washington, D. C: National Center for Improvement of Educational Systems DHEW/OE), 1974)