Pembelajaran Matematika Qur’ani

Main Article Content

Abdur Rahman As’ari

Abstract

Al Qur’an adalah petunjuk bagi semua manusia, termasuk petunjuk bagi guru matematika tentang bagaimana membelajarkan matematika. Di dalam artikel ini, penulis mencoba mengkaji tuntunan ALLAH di dalam Al Qur’an dalam membelajarkan manusia. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang qur’ani itu adalah pembelajaran yang mengembangkan daya pikir siswa. Mengingat tantangan di era global pada abad ke-21 ini kemampuan berpikir yang dituntut adalah 4Cs, maka pembelajaran matematika Qur’ani adalah pembelajaran matematika yang tidak hanya sekedar memahamkan konsep, tetapi juga membekali siswa untuk menguasai 4Cs. Sehubungan dengan itu, di dalam melaksanakan pembelajaran matematika, guru bisa saja membelajarkan 4Cs melalui infusing, immersing, atau mixed di antara keduanya.

Article Details

How to Cite
AS’ARI, Abdur Rahman. Pembelajaran Matematika Qur’ani. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 666-673, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/840>. Date accessed: 17 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

As’ari, A.R. 2014. Mengerjakan Soal Latihan Matematika: Hanya Agar Terjawab Dengan Cepat Dan Akurat? Makalah disajikan daam Seminar Nasional Matematika: Innovation in Mathematiccs Education Toward Asian Community, Jakarta: 20 September 2014
As’ari, A.R. 2016. Pengembangan Karakter dalam Pembelajaran Matematika: Prioritas dalam rangka Mengembangkan 4Cs. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Maret 2016
As’ari, A.R. 2017. Reorientasi Pembelajaran Matematika: Suatu Keniscayaan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Workhop Matematika dan Pendidikan Matematika, Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat, 29 April 2017
Cai, J. & Lester, F. 2010. Why is teaching with problem solving important to students’ learning? Dalam Problem Solving Research Brief. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics
Devlin-Foltz, B. & McInvaine, S. 2008. Teacher Preparation for the Global Age: The Imperative for Change. Longview Foundation
Hidayat, T., Abdussalam, A., & Fahrudin. 2016. Konsep Berpikir (Al Fikr) dalam AL Quran dan Implikasinya terhadap Pembelajaran PAI di Sekolah (Studi Tematik tentang Ayat-Ayat yang Mengandung Tema Al Fikr). Tarbawy, Volume 3, No. 1, pp. 1 -- 12
Hodri, 2013. Penafsiran Akal dalam Al Qur’an. Mutawatir Jurnal Keilmuan Tafsir Hadits. Vol. 3, No. 1, Juni 2013
Ismal, M. 2014. Konsep Berpikir dalam Al Qur’an dan Implikasinya dalam Pendidikan Akhlak. Ta’dib, Volume XIX, No. 2, Edisi Nopember 2014
Loob, M. 2001. Types of learning? A pedagogic hypothesis put to the test. Die Deutsche Schule, Vol. 93, No. 2, pp. 186-198
Malkan. 2007. Berpikir dalam Perspektif Al Qur’an. Jurnal Hunafa. Volume 4, No. 4. Pp. 353 – 372.
Mu’izuddin, M. 2016. Berpikir Menurut Al Qur’an. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 10, No. 1
OECD. 2016. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematics, and Financial Literacy. (online). http://www.oecd.org/publications/pisa-2015-assessment-and-analytical-framework-9789264255425-en. htm diunduh 12 Maret 2017.
Partnership for 21st Century Skills. 2008. 21st Century Skills, Education & Competitiveness: a Resounce and Policy Guide. Tuczon, AZ
Qutub, S. 2011. Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan dalam Al Quran. HUMANIORA, Vol. 2, No. 2, pp. 1339 – 1350
Rahardjo, M. D. 2002. Ensiklopedi Alquran tafsir sosila berdasarkan konsep-konsep kunci. Jakarta: Paramadina
Tasmara, T. 2004. Membudayakan Etos kerja Islami, Gema Insani
Wilson, S.M. & Peterson, P.L. 2006. Theories of Learning and Teaching: What do They Mean for Educators. National Education Association