Kemampuan Number Sense Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII pada Materi Bilangan
Main Article Content
Abstract
Kemampuan number sense (kepekaan bilangan) dibutuhkan bagi siswa dalam proses pembelajaran matematika. Siswa dengan number sense yang baik akan mampu memanfaatkan pengetahuannya tentang bilangan dalam pemecahan masalah matematika. Oleh karena itu, tinjauan mengenai kemampuan number sense siswa perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana siswa dapat menggunakan kemampuan number sensenya dalam situasi masalah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa kelas VII di Lembaga Bimbingan Belajar Surya Gemilang. Subjek penelitian sebanyak 3 orang, yaitu masing-masing 1 subjek dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan number sense digali melalui wawancara terpadu pada hasil tes kemampuan number sense siswa. Kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa semua subjek tidak memiliki kepekaan yang cukup baik mengenai hubungan antar bilangan, operasi bilangan, hubungan antar operasi bilangan, dan sifat-sifatnya sehingga semua subjek tidak fleksibel dan berfokus pada penggunaan perhitungan prosedural yang mereka terima di sekolah ketika memecahkan masalah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] As’ari, A. Rahman. Number Sense: Mengapa Penting bagi Anak [Internet]. 2008. Available from: http://idepembelajaranmatematika.blogspot.com/2008/11/number-sense-mengapa- penting-bagi-anak.html, diakses 18 April 2016.
[3] Ekawati, Endang. Profil Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Bilangan Bulat [Internet]. 2013. Available from: http://ejournal.unesa.ac.id/article/2386/30/article.pdf/, diakses 12 April 2016.
[4] Muir, T. What is a Reasonable Answer [Intenet]. 2012. Available from: http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ978131.pdf diakses 18 april 2016.
[5] National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). The principles and standards for school mathematics. Reston; 2000.
[6] Pilmerr, D. Number Sense.Nova Scotia School for Adult Learning. Department of Labor and Workforce Development [Intenet]. 2008. Available from: http://www.gonssal.ca/documents/numbersense.pdf diunduh tanggal 16 Februari 2016.
[7] Reys, Lindquist, Lambdin, Smith and Suydam. Helping children learn mathematics [Internet]. 1994. Available from: http://users.ntplx.net/region10/regiontenmathpages/religion10mathsitefaq/whatisnumbersense.html.
[8] Sabrianti, Retno. Potensi Number Sense Siswa pada Materi Penjumlahan Pecahan Biasa di Madrasah Tsanawiyah[Internet]. 2012. Available from: http://ejournal.unesa.ac.id/article/5982/28/article.pdf/, diakses 12 April 2016.
[9] Saleh, A. Number Sense, Belajar Matematika Selezat Cokelat. Bandung; Trans Media Pustaka. 2009.
[10] Şengül, sare. Identification of Number Sense Strategies used by Pre-service Elementary Teachers. Educational Sciences: Theory & Practice. 2013.13(3). 1965-1974