Etnomatematika Arfak (Papua Barat-Indonesia) : Operasi Bilangan pada Perniagaan Masyarakat Arfak Masa Lalu.

Main Article Content

Haryanto Haryanto Didimus Nuham Toto Nusantara Subanji Subanji Swasono Rahardjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap etnomatematika masyarakat Arfak di Pedalaman Pegunungan Arfak. Bidang yang diteliti adalah transaksi perniagaan pada masa lalu. Penelitian ini menggunakan metode Etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan matematika digunakan oleh masyarakat ketika mereka dalam melakukan transakasi jual-beli cukup unik. Keunikannya adalah bahwa masyarakat tidak mengenal operasi pengurangan dalam mengembalikan uang sisa. Jika dikaitkan dengan matematika sekolah terkait pengurangan, jenis operasi pengurangan ini mirip dengan cara kerja sempoa dalam menyelesaikan operasi pengurangan bilangan.

Article Details

How to Cite
HARYANTO, Haryanto et al. Etnomatematika Arfak (Papua Barat-Indonesia) : Operasi Bilangan pada Perniagaan Masyarakat Arfak Masa Lalu.. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 288-292, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/90>. Date accessed: 07 apr. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] D'Ambrosio, U. On ethnomathematics. Philosophica Mathematica (2) 4 no.1, 3-14. 1989.
[2] Gerdes, P. ‘How to recognize hidden geometrical thinking: A contribution to the development of anthropological mathematics’, For the Learning of Mathematics, 6, 2, pp. 10-12. 1986.
[3] Wasiri, Y.M., Saidu I., dan Halliru A. Ethnomathematics A case of Wasakwakwalwa (Hausa culture puzzles) in Northern Nigeria International Journal of Basic & Applied Sciences IJBAS-IJENS Vol:10 No:01 11. 2010.
[4] Kak, S. Guáman Poma’s Yupana and Inca Astronomy Oklahoma State University, Stillwater, OK 74078, USA 2011.
[5] Horsthemke K. and Schäfer M. Does ‘African mathematics’ facilitate access to mathematics? Towards an ongoing critical analysis of ethnomathematics in a South African context Pythagoras 65, June, pp. 2-9. 2007.
[6] Marchis, I. Symmetry and interculturality, Acta Didactica Napocensia Vol. 2 2009.
[7] Gerdes, P. African basketry:interweaving art and mathematics in Mozambique, Bridges: Mathematics, Music, Art, Architecture, Culture. 2011.
[8] Haryanto, Nusantara, T, Subanji, Etnomatematika pada Noken masyarakat Papua, Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, Yogyakarta, 14 November 2015
[9] Haryanto, Nusantara T., Subanji, Abadyo, Ethnomathematics in Arfak: Hidden Methematics on vertic Rumah Kaki seribu, Educational Research and Reviews, Volume Vol. 11(7). 10 April 2016.
[10] Haryanto, Nusantara, T, Subanji, Rahardjo, S., Etnomatematika Arfak: Numerasi Masyarakat Arfak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dengan tema ”Pengembangan 4C’s dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dalam Pengembangan Kurikulum Matematika. Prodi S2-S3 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Malang, 28 Mei 2016
[11] Haryanto, Nusantara, T, Subanji, Rahardjo, S., Etnomatematika Arfak (Papua Barat-Indonesia): Numerasi pada Gesture Masyarakat Arfak. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikannya, Jurusan Matematika Universitas Negeri malang. Malang 13 Agustus 2016