Pemodelan Dan Simulasi Aliran Fluida Pada Permukaan Tanah Dari Satu Pompa Menggunakan Metoda Elemen Hingga

Main Article Content

kamiran kamiran

Abstract

Aliran fluida merupakan fenomena alam yang sangat menarik untuk dijadikan objek penelitian. Dalam skala makroskopis, dinamika fluida dapat dijelaskan dengan persamaan Navier-Stokes (Guo dkk., 2006). Persamaan Navier-Stokes merupakan serangkaian persamaan terkopel yang menjelaskan pergerakan suatu fluida baik cairan maupun gas. Persamaan-persamaan ini menyatakan bahwa perubahan momentum partikel-partikel fluida bergantung pada gaya gesekan (viskositas) yang bekerja pada fluida. Selanjutnya akan digunakan persamaan-persamaan tersebut pada aliran fuida pada permukaaan tanah akibat dari pempompaan sebuah sumur dengan menggunakan satu pompa yang kemudian di tumpahkan kepermukaan disetar sumur tersebut.


Dalam penelitian ini, pendekatan numerik yang digunakan adalah metode elemen hingga. Metode elemen hingga merupakan salah satu metode numerik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan differensial parsial pada persoalan-persoalan ilmu rekayasa atau matematika terapan  seperti perpindahan panas, analisis struktur baja dan lain lain. Dalam kasus ini akan digunakan pada aliran fluida pada suatu dataran akibat tumpahan fluida dari satu sumur pompa.  Prosedur utama dari metode elemen hingga adalah membagi domain yang kompleks menjadi elemen-elemen kecil agar lebih mudah untuk mendapatkan solusinya, kemudian Solusi dari tiap elemen digabungkan kembali menjadi solusi seluruh domain. Dan selanjutnya bentuk dari kecepatan aliran fluida pada pewrmukaan untuk seluruh domain dapat disimulasikan dan dicermati  menggunakan bantuan software MATLAB.

Article Details

How to Cite
KAMIRAN, kamiran. Pemodelan Dan Simulasi Aliran Fluida Pada Permukaan Tanah Dari Satu Pompa Menggunakan Metoda Elemen Hingga. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [072-077], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/913>. Date accessed: 07 apr. 2020.
Section
Mathematics

References

1. Anwar Nuril . (2007). Model Aliran Pertemuan Dua Sungai Yang Mempunyai Sudut Sembarang. Tugas Akhir S1 Jurusan matetmatika ITS.

2. Hapsoro, C. A., & Srigutomo, W. (2013). Pemodelan Aliran Fluida 2-D Pada Kasus Aliran Permukaan Menggunakan Metode Beda Hingga. Jurnal Matematika & Sains.

3. Kazemzadeh-Parsi , Mohammad Javad (2014) Numerical Flow Simulation in Gated Hydraulic stmructures Fixed Grid Finete Elemen Method. Jurnal Applied Matematic And Computation..

4. M. Nur Haqqul Q , Kamiran (2015). Simulasi Aliran Air Pada Pintu Air Menggunakan Metode Elemen Hingga. POMITS ITS .

5. Kamiran (2017). Pemodelan dan Simulasi Aliran Fluida pada permukaan Sungai Menggunakan Metode Elemen Hingga. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Adi Buana Surabaya 2017.