Kemampuan Spasial Siswa SMP kelas VIII Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa

Main Article Content

Hevin Azustiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan spasial siswa SMP kelas VIII ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Kemampuan spasial adalah kemampuan mental yang bersangkutan dengan pemahaman, memanipulasi, merotasi, dan hubungan visual. Kemampuan spasial siswa sangat berperan penting dalam pembelajaran pada materi geometri. Dengan kemampuan spasial yang baik dapat membantu dalam memahami konsep-konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dari SMPN 1 Semen kelas VIII-A dengan jumlah subjek 3 siswa yang ditentukan dengan purposive sampling. Subjek dipilih masing-masing satu siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. data yang dikumpulkan berupa nilai harian siswa kelas VIII-A, hasil soal tes kemampuan spasial siswa dan wawancara.

Article Details

How to Cite
AZUSTIANI, Hevin. Kemampuan Spasial Siswa SMP kelas VIII Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 293-298, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/92>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Aziz, Musdalifah, dkk. (2015). Profil Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematika
[2] Murdani, dkk. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa Di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang
[3] Tambunan, Siti Marliah. (2006). Hubungan Antara Kemampuan Spasial dengan Prestasi Belajar Matematika. Makara, Sosial Humaniora
[4] Fiantika, Feny Rita. (2017). Representation Elements of Spatial Thinking. Thr 3rd International Conference on Mathematics, Science and Education. IOP Journal of Physics: Conference Series Vol. 824 No. 1
[5] Yilmaz, H. Baryam. (2009). On The Development and Measurement of Spatial Ability. International Electronic Journal of Elementary Education
[6] Gunhan, Berna Cantruk, dkk. (2009). Spatial Ability of a Mathematics Teacher: The Case of Oya. IBSU Scientific Journal
[7] Risma, Dwi Afrina. (2013). Spatial Visualization And Spatial Orientation Task To Support The Development Of Student Spatial Ability. Universitas Sriwijaya
[8] Moleong, Lexy J.(2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[9] Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.