Pengaruh Pendekatan CTL dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Surabaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKJ 1 SMK Negri 1 Surabaya dengan siswa 36 pada tanggal 24 April – 30 Maret 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode pre-experimental design dengan disain one shot case study. Dalam disain ini, ada satu sampel yang akan diberi perlakuan dan hasilnya diobservasi. Untuk menentukan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik random sampling dimana peneliti menentukan sampel secara acak sehingga setiap sampel yanga ada berpeluang yang untuk menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar berupa ulangan harian yang diambil dari buku pelajaran Matematika SMK yang dipakai di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan CTL dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar karena berdasarkan hasil uji t menunjukkan t_(hitung )> t_(tabel ) (33,800 > 2,042) dengan α= 5 %.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] Majid, A., 2013, Strategi pembelajaran, Bandung : remaja Rosdakarya
[3] Neolaka, A. (2014). Metode penelitian dan statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[4] Arikunto, S., 2009, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
[5] Trianto, 2009, Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp), Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
[6] Rusman, 2010, Model-Model Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
[7] Sanjaya, W., 2007, Strategi Pembelajaran Beroriontasi Standar Proses, Jakarta : Kencana, 264-269
[8] Hosnan, M., 2014, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor : Ghalia Indonesia.