Geometri Dan Permasalahannya Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis)

Main Article Content

Indah Setyo Wardhani

Abstract

Geometri mengajarkan kita bagaimana cara mencari koneksi yang terjadi antara materi geometri dengan materi-materi lainnya. Lebih dari itu, geometri juga melatih kemampuan komunikasi matematika melalui kegiatan eksplorasi, diskusi, konjektur dan investigasi. Penelitian meta analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan siswa/mahasiswa dalam memahami materi geometri di kelas. Penelitian ini mengambil 9 artikel yang menyimpulkan tentang hasil analisis kesalahan siswa dalam memahami materi geometri. Berdasarkan hasil penelitian, permasalahan siswa dalam memahami materi geometri terlihat pada penggunakan deduktif aksiomatik, permasalahan persepsi, miskonsepsi terhadap proses dan kegiatan visual, permasalahan pada penggunaan prosedur, konsep, dan prinsip serta lemahnya koneksi dan penalaran dalam geometri.

Article Details

How to Cite
WARDHANI, Indah Setyo. Geometri Dan Permasalahannya Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis). Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [124-129], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/923>. Date accessed: 28 oct. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Brumfiel (1960). Teachers manual for Geometry. Addison-Wesley Educational Publishers Inc, U. S
[2] Abdussakir. (2009). Pembelajaran Matematika dengan Problem Posing. [Online] Tersedia http://www.google.co.id
[3] Budiarto, Mega Teguh. Artiono, Rudianto. 2019. Geometri Dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu Penelitian Meta Analisis). JUMADIKA Jurnal Magister Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 1, Mei 2019
[4] Molinasari, N., Sujadi, I., & Aryuna, D. R. (2017). ANALISIS TINGKAT BERPIKIR SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 14 SURAKARTA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR JAJARGENJANG DAN BELAH KETUPAT. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 1(6), 8-16.
[5] Roskawati. Ikhsan. Juandi, Dadang. 2015. Analisis Penguasaan Siswa Sekolah Menengah Atas pada Materi Geometri. Jurnal Didaktik Matematika. Volume 2, No. 1, April 2015
[6] Budiarto, Mega Teguh, 2009, Membangun Level Abstraksi Siswa SMP dalam Memahami Konsep Geometeri, Penelitian Fundamental Tahun Kedua, Pusat Penelitian Unesa Surabaya.
[7] Dirgantoro, Kurnia Putri Sepdikasari. 2019. Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika).Volume 3, No. 1, Maret 2019 Molinasari, Nitha. Sujadi, Imam. Aryuna, Dyah Ratri. 2017. Analisis Tingkat Berpikir Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 14 Surakarta Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Jajargenjang Dan Belah Ketupat. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). Volume I No.6 September 2017
[8] Budiarto, Mega Teguh, 2000, Kemampuan Deduktif Aksiomatik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA IKIP Surabaya, Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran RI.I BATCH II, Proyek PGSM, Pusat Penelitian IKIP Surabaya
[9] Budiarto, Mega Teguh, 2008, Membangun Level Abstraksi Siswa SMP dalam Memahami konsep Geometeri, Penelitian Fundamental Tahun Pertama, Pusat Penelitian Unesa Surabaya.
[10] Budiarto, Mega Teguh, 2010, Profil Pemetaan Level Abstraksi Siswa yang Mempunyai Gaya Belajar Visual Spatial dan Auditory sequensial denan Operasi Logis Piaget, Penelitian Fundamental, Pusat Penelitian Unesa Surabaya.
[11] Budiarto, Mega Teguh, 2011, Rigorous Mathematical Thinking Dalam Pembelajaran geometri, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Pusat Penelitian Unesa Surabaya.
[12] Iswadji, D. (2001). Geometri Ruang.Yogyakarta: UNY