Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Main Article Content

Sri Sulasteri Elsa Triningsih Ulfiani Rahman Andi Sriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pemberian reward dan punishment dengan model pembelajaran kooperatif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent kontrol group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik infrensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t Test dan Mann Whitney Sample U Test. Hasil uji deskriptif menunjukkan besar peningkatan motivasi belajar matematika siswa setelah diberikan perlakuan sebesar  Besar peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diberikan perlakuan sebesar  Hasil uji inferensial data motivasi belajar matematika menggunakan uji Mann Whitney Sample U Test, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai peningkatan skor motivasi belajar matematika siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Selanjutnya, hasil uji inferensial data hasil belajar matematika menggunakan uji Mann Whitney Sample U Test, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai peningkatan hasil belajar matematika siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian reward dan punishment dengan model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 13 MakassarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pemberian reward dan punishment dengan model pembelajaran kooperatif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Makassar. 

Article Details

How to Cite
SULASTERI, Sri et al. Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [130-137], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/924>. Date accessed: 09 aug. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
[2] Muhtar, Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
[3] A. Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar, 2014.
[4] I. Kurniasih, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena, 2016.
[5] Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 1990.
[6] E. a. Clolim, Mengubah Perilaku Siswa Pendekatan Positif. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1992.
[7] E. Marstiyaningtiyas, “Pengaruh Reward dan Punishment tehadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Islam Plus Baitul Mall-Pondok Aren,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014.
[8] S. Mutmainah, “Pengaruh Reward and Punishment terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII A di MTs Darul Huda Wonodadi,” IAIN Tulungagung, 2014.
[9] Soejono, Pendahuluan Ilmu Pendidikan Umum. Bandung: CV. Ilmu, 1980.
[10] N. Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Karya, 1955.
[11] L. Aristiyani, “Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Semester II Pada Materi Pokok Panjang Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran di Mts Hasan Kafrawi Myong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011,” Institut Islam Negeri Walisongo Semarang, 2010.
[12] K. N. Sujiantari, “Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Studi Pada Smp Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016),” J. Jur. Pendidik. Ekon., vol. 7, no. 2, 2016.
[13] F. Nasrudin, “Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Di Sekolah Binaan 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes,” Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2015.
[14] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. 20. Bandung: Alfabeta, 2014.
[15] Rahim, Sistem Pemberian Balikan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perolehan Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab. Makassar: Alauddin University Press, 2012.