Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Main Article Content

Ulfah Hernaeny Lambok Simamora Lina Listiowati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Karya Bangsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Static group comparison design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang dilakukan secara acak. Instrument untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa tes tertulis dalam bentuk soal essay yang terdiri dari 10 soal. Pengujian persyaratan analisis data terdiri dari uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Hasil pengujian kedua data tersebut menunjukkan data normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan derajat kebebasan (dk) = 38 yang berarti thitung > ttabel (2,596 > 2,03), maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining.

Article Details

How to Cite
HERNAENY, Ulfah; SIMAMORA, Lambok; LISTIOWATI, Lina. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [138-143], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/925>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Effendi, L.A.. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Respresentif dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(2) : 2012. 1-10
[2] Leonard. Level of apprreciation, self concept and positifve thinking on mathematics learning achievement. The International Journal of Social Sciences, 6(1) : 2012. 10-17.
[3] Nasir, A. Muhajir. Statistika Pendidikan. Yogyakarta: 2016. Media Akademi
[4] Nurdyansyah dan Eni Fariyatul fahyuni. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: 2016. nizamia Learning Center
[5] Rahmayanti, Dewi. Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Antara Mendapatkan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3(1) : 2014. 1-10
[6] Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian. Bandung: 2018. PT Refika Aditama
[7] Supardi, U.S. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: 2016. PT. Prima Ufuk Semesta
[8] Suprijono, Agus. Cooperative learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta: 2009. Pustaka Pelajar
[9] Wiradyana, I GD Ananta, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal: 2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol 2(1)