Representasi Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat IQ dan Kecemasan Matematika

Main Article Content

Aula Nur Habibah Nur Anita Nurul Fitayanti Ana Rahmawati

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti termasuk dalam kategori penelitian kualitatif  karena bertujuan mendeskripsikan representasi matematis yang dilakukan oleh subjek dalam hal memecahkan masalah matematika berdasarkan tingkat IQ dan kecemasan matematika. Adapun, subjek penelitian ini terdiri dari 6 subjek: 1 subjek dengan tingkat IQ superior dengan kecemasan matematika tinggi, 1 subjek pada tingkat IQ diatas rata-rata dengan kecemasan matematika tinggi, 1 subjek pada tingkat IQ diatas rata-rata dengan kecemasan matematika sedang, 1 subjek pada tingkat IQ rata-rata dengan kecemasan matematika sangat tinggi, 1 subjek pada tingkat IQ diatas rata-rata dengan kecemasan matematika tinggi, dan 1 subjek dengan tingkat IQ diatas rata-rata dengan kecemasan matematika tinggi. Untuk mendapatkan data yang kredibel dilakukan triangulasi waktu.


Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini: representasi matematis yang digunakan oleh subjek dengan tingkat IQ superior dengan tingkat kecemasan matematika tinggi tidak banyak menunjukkan representasi verbal. Subjek menunjukkan representasi verbal pada saat menyimpulkan, sehingga bisa dikatakan subjek menunjukkan preferensi cenderung banyak memakai representasi simbolik.Subjek dengan tingkat IQ diatas rata-rata dengan kecemasan matematika tinggi tidak menunjukkan kecenderungan pada salah satu representasi matematis. Subjek dengan tingkat IQ diatas rata-rata dan kecemasan matematika sedang menunjukkan seluruh representasi dalam bentuk visual, simbolik dan verbal secara lisan, akan tetapi subjek hanya menunjukkan jawaban yang benar pada sketsa gambar dan pada  melaksanakan rencana mencari nilai x saja. Subjek dengan tingkat IQ rata-rata dengan kecemasan matematika sangat tinggi tidak menunjukkan kecenderungan pada salah satu representasi matematis, namun hasil akhirnya salah. Subjek dengan tingkat IQ rata-rata dan kecemasan matematika tinggi representasi matematis yang paling menonjol adalah visual dan simbolik. Subjek dengan tingkat IQ rata-rata dengan kecemasan matematika sedang representasi matematis yang paling menojol adalah visual dan simbolik.

Article Details

How to Cite
HABIBAH, Aula Nur et al. Representasi Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat IQ dan Kecemasan Matematika. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [144-151], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/926>. Date accessed: 09 aug. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.
[2] Auliya, Risma Nurul. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif, 6 (1):12– 22.
[3] Surybrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[4] Sakarti, H., Mirza, A., Hamdani. (2016). Hubungan Kecemasan dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah matematika. Artikel Penelitian, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA Universitas Tanjungpura. Pontianak. https://media.neliti.com/media/publications/194541-ID-hubungan-kecemasan-dan-kemampuan-siswa-d.pdf