Inkubasi Matematika Mengatasi Kesiapan Mahasiswa Belajar Matematika di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang

Main Article Content

Mutia Lina Dewi Radhia Jatu Noviarsita Sakti Anggi Rahmad Zulfikar

Abstract

Banyak mahasiswa Politeknik Negeri Malang mengalami kesulitan dalam Matematika. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya nilai matematika. Mahasiswa kurang latihan menyelesaikan soal dan tidak siap dengan lingkungan yang heterogen. Diperlukan pendalamanan materi, tetapi waktu perkuliahan sangat terbatas sehingga hanya sedikit membahas penyelesaian soal. Untuk meningkatkan kemampuan Matematika diperlukan bimbingan dan penanganan khusus, di luar jam perkuliahan. Asal mahasiswa dari berbagai latar pendidikan, sehingga ada perbedaan kemampuan Matematika yang sangat heterogen. Mahasiswa yang mempunyai masalah dalam Matematika perlu diinkubasi, agar siap beradaptasi menghadapi lingkungan yang berbeda. Model Inkubasi diterapkan karena mahasiswa ”dimatangkan” kemampuan matematikanya. Kegiatan utama dalam inkubasi matematika adalah pendalaman materi, pembahasan penyelesaian soal, dan pemberian tugas individu. Rancangan penelitian adalah tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan penerepan inkubasi matematika di Jurusan Teknik, Sipil Politeknik Negeri Malang, (2) mengidentifikasi apakah inkubasi matematika dapat meningkatkan kesiapan mahasiswa belajar mahasiswa, dan (3) menganalisis respon mahasiswa terhadap inkubasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata pre-tes 33 dengan skor terendah 0 dan skor tertinggi 75, skor rata-rata post-tes 50 dengan skor terendah 0 dan skor tertinggi 85. Hasil pengamatan menunjukkan mahasiswa aktif dan antusias menyelesaikan masalah matematika. Hasil angket menunjukkan mahasiswa setuju dengan inkubasi dan mengusulkan ada tambahan jam perkuliahan matematika.

Article Details

How to Cite
DEWI, Mutia Lina; SAKTI, Radhia Jatu Noviarsita; ZULFIKAR, Anggi Rahmad. Inkubasi Matematika Mengatasi Kesiapan Mahasiswa Belajar Matematika di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [169-175], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/929>. Date accessed: 28 oct. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Mudjiono. 2009. Peningkatan Prestasi Mahasiswa melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD . Penelitian Dana DIPA Politeknik Negeri Malang.

[2] Mujianto. 2007. Optimalisasi Kompetensi Penyusunan Karya Ilmiah Melalui Pembelajaran Berbasis Portofolio Bagi Mahasiswa Politeknik. Tesis. Universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan.
[3] Widjajanti,K. 2010. Sesi Bantuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Integral pada Mahasiswa Politeknik Negeri Malang. Tesis. Universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan.

[4] Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surya Yohanes. 2010. Problem Akut Sistem Pembelajaran di Indonesia. Jawa Pos: Kamis 7 Januari 2010