Perbandingan Pembelajaran Student Team Achievement Division Dengan Mind Mapping Dan Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Peta Pikiran (Mind Mapping) dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Peta Konsep (Concept Mapping) pada Kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII Mts Guppi Samata pada semester genap tahun ajaran 2017-2018. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas sebanyak 48 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes dan analisis statistik menggunakan uji indpendent simple t-test. Berdasarkan hasil analisis inferensial disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kedua model tersebut dan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model STAD dengan Peta Pikiran (Mind Mapping) lebih signifikan dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model STAD dengan Peta Konsep (Concept Mapping).
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] T. Infographic, “Situs Resmi Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP).” [Online]. Available: https:www.acdp-indonesia.org. [Accessed: 16-Apr-2018].
[3] K. P. dan Kebudayaan, “Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan,” Official Website Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id. [Accessed: 16-Apr-2018].
[4] Riskawati, “Guru Bidang Studi Matematika Kelas VII MTsN Guppi Samata,” Gowa.
[5] Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: raja Grafindo Persada, 2014.
[6] Sugiarto and Iwan, Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004.
[7] Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana, 2010.
[8] N. F. Isfaningrum, M. Masykuri, and A. N. C. S. Saputro, “Studi Komparasi Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan Peta Pikiran (Mind Mapping) dan Peta Konsep (Concept Mapping) Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem periodic Unsur kelas X Semester Ganjil SMA Neg,” J. Pendidik. Kim., vol. 2, no. 2, 2013.
[9] Roslimah and Muhibbuddin, “Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan kemampuan Pemetaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem,” J. EduBio Trop., vol. 2, no. 2, 2014.
[10] M. Widiari, A. A. G. Agung, and N. Jampel, “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng,” J. Edutech UNDIKSHA, vol. 2, no. 1, 2014.
[11] I. P. A. Sunarman, N. W. Suniasih, and M. Purta, “Model Pembelajaran Mind Mapping Berpengaruh Terhadsp Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Luwus Mekarsari,” J. Mimb. PGSD UNDIKSHA, vol. 3, no. 1, 2015.
[12] S. R. Devita, Riyadi, and Yulianti, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Perubahan Lingkungan Fisik,” J. Pendidik., vol. 2, no. 1, 2014.
[13] W. Sujarweni, Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru, 2014.
[14] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
[15] M. N. M. Khambari, W. S. Luan, and A. F. M. Ayub, “Technology in Mathematics teaching: The Pros and Cons,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 8, pp. 555–560, 2010.