Pengaruh Modul Statistik Terintegrasi Excel dan Spss Terhadap Hasil Belajar

Main Article Content

Wahyu Dwi Puspitasari Filda Febrinita

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu indikator yang menunjukkan ketercapaian pembelajaran. Ada dua faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu internal misalkan kesahata dan eksternal misalnya media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik adalah modul. Berdasarkan beberapa penelitan modul terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh modul statistik yang terintegrasi excel dan SPSS terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah statistika. Pengaruh modul dilihat dari ada atau tidak perbedaan hasil belajar statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain nonequivalent control group yang terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kedua kelompok ini tidak dipilih secara acak tetapi berdasarkan data mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah statistika. Kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa modul dan sebaliknya untuk eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan pretest dan posttest. Pretest bertujuan untuk membuktikan bahwa kedua kelompok memiliki pengetahuan awal yang sama, sedangkan posttest bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar. Selanjutnya, dilakukan uji prasyarat  analisis yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Setelah data terdistribusi normal, dilakukan analisis uji hipotesis dengan uji – t dua sample independent. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, yaitu: (1) nilai signifikansi hasil SPSS yaitu 0,854 lebih besar dari 0,05 yang artinya menerima , kesimpulannya kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama. (2) berdasarkan perhitungan dengan SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dibandingkan 0,05. Ini artinya  ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matakuliah statistika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Article Details

How to Cite
PUSPITASARI, Wahyu Dwi; FEBRINITA, Filda. Pengaruh Modul Statistik Terintegrasi Excel dan Spss Terhadap Hasil Belajar. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [181-186], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/931>. Date accessed: 06 aug. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] M. Mahajan dan M. K. S. Singh, “Importance and Benefits of Learning Outcomes,” IOSR Journal of Humanities And Social Science, vol. 22, no. 3, pp. 65-67, 2017.
[2] N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
[3] Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
[4] M. A. Sabri, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2010.
[5] R. Bretz, A Taxonomy of Communication Media, Englewood Cliff N.J: Education Technology Publication, 1971.
[6] W. Somayasa, N. Natajaya dan M. Candiasa, “Pengembangan Modul Matematika Realistik Disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja,” e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 3, 2013.
[7] A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
[8] N. J. Salkind, Exploring Research Ninth Edition, Kansas: Pearson Educational International, 2016.
[9] R. Amalia dan E. D. Putra, “Pengembangan Modul Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman (Pemrograman C++),” GAMMATH: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 2, pp. 1 - 8, 2017.
[10] Akhirudin, S. Herawati dan Ibrohim, “Pengaruh Penggunaan Modul Inkuiri Dipadu PjBL Berbahan Ajar Potensi Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains SIswa SMA,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 1, no. 10, pp. 1964 - 1968, 2016.
[11] F. J. Miharja, “Pengembangan Modul Anatomi Fisiologi Manusia dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi,” Seminar Nasional Pendidikan Biologi Universitas Muhamadiyah Malang, 2015.