Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Main Article Content

Nur Rusliah Rusliah Anisyak Islami

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis regresi dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self confidence terhadap pemahaman konsep matematis siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Kerinci dengan populasi kelas VIII. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa dengan teknik pengambilam sampel total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket  self confidence dan tes pemahaman konsep matematis. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self confidence terhadap pemahaman konsep matematika dengan koefisien determinasi sebesar 0,128.

Article Details

How to Cite
RUSLIAH, Nur Rusliah; ISLAMI, Anisyak. Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [187-193], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/935>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Dewi, S. N., & Minarti, E. D. Hubungan antara Self-Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189-198. Mei 2018
[2] Effendi, K. N. S. Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10-17. Desember 2017
[3] Eva, L. M.& Kusrini, M. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(3).2015
[4] Fitriani, N. Hubungan antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Euclid, 2(2),341-350.2015
[5] Khodijah, N.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2014
[6] Ningrum, A. S., Ariyanto, L & Sutrisno. Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Agustus 2017
[7] Pribadi, A. & Humuntal, B. Perbedaan Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran investigasi kelompok kelas VII SMP negeri pancur batu. Jurnal Inspiratif.) 3( 3) 62 – 71. Desember 2017
[8] Purwasih, R. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16-25. Maret 2015
[9] Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika, 1(2), 56-62. November 2018
[10] Respati, W. S., & Ernawati, W. P. A. Gambaran Kecerdasan Emosional Siswa Berbakat di Kelas Akselerasi SMA di Jakarta. Jurnal Psikologi, 5(1). Juni 2007
[11] Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7-21. Mei 2018
[12] Sari, R., Suhandri., Nufus, H. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). September 2018
[13] Winarso, W., Toheri & Nurkholifah, S. Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 58-66. April 2018
[14] Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35-47. Juli 2019