Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Kupang

Main Article Content

Ryan Nizar Zulfikar Muhammad Tamrin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Menganalisis Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Lokasi yang menjadi objek penelitian adalah SMK Muhammadiyah Kupang. Subyek yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMK Muhammadiyah Kupang.


Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara analisis validasi dari data kuantitatif yang berasal dari lembar penilaian (validasi) dari ahli media berupa skor rata-rata kemudian diubah menjadi skala kualitatif.


Hasil validasi penilaian media dan materi pada “modul matematika dengan pendekatan metakognitif” dikatakan sangat valid dengan rata-rata 3,4. Dengan demikian bahan ajar ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Hasil pengembangan modul dengan pendekatan metakognitif dapat juga  dilihat dari repon siswa yaitu angket respon siswa menyebutkan bahwa didapat rata-rata 3,58 dan dapat dikategorikan mendapat respon sangat baik dari siswa. Berdasarkan kriteria keberhasilan modul dilihat dari rata-rata banyaknya siswa yang responnya sangat baik maka, media modul matematika dengan pendekatan metakognitif dapat dikatakan berhasil.

Article Details

How to Cite
ZULFIKAR, Ryan Nizar; TAMRIN, Muhammad. Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Kupang. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [194-197], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/937>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

1. Danuri.(2014). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Menfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 6 No 1 juni 2014; ISSN : 2085-0034.
2. Shimada, S. (2006). Senior Secondary Education Project 2006. The Open Ended Approach. A.
3. Anisa.W.N, (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1, 2014, artikel 8.
4. Rahmania. (2014). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Penjakes Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Di Smp Negeri Dan Swasta Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan ISSN: 1693 – 1775 Volume 8, Nomor 2, 2014 Halaman 109-121.
5. Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif-Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru.
6. Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
7. Nugrahaningsih, T.K (2012). Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. ISBN: 978-979-3288-95-6 KNM Xvi - 3-6 Juli 2012 – Unpad, Jatinangor.
8. In’am, A. (2012). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Metakognitif. Malang:Selaras Perum Pesona Griya Asri
9. Zulfikar, RN. (2019). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika SMK Kesehatan Nusantara Kupang. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) Vol. 1, No. 2, 2019, Hal 91-98 p-ISSN 2656-7431, e-ISSN 2656-7245.