Konsep Estimasi dalam Hadits
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji estimasi dalam hadits. Kajian ini dapat membantu pendidik maupun peserta didik dalam pembelajaran estimasi yang terintegrasi dengan hadits. Pembelajaran matematika integratif dapat meningkatkan pengetahuan agama dan pengetahuan matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa estimasi terdapat dalam beberapa hadits di antaranya dalam Shohih Bukhori no. 3836; 4551; dan 4552, Shohih Muslim no. 1557, Sunan Abu Daud no. 2384 dan 3521, At-Tirmidzi 3153, Shahih ibnu Khuzaimah 107, Sunan Nasa’i 4465, Sunan Ibnu Majjah 2184, dan Musnad Ahmad 13465; 14331; 12509; dan 17578.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] S. Maarif, “Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika,” Infin. J., vol. 4, no. 2, p. 223, 2015.
[3] S. Mahfudzoh, “Pengaruh Integrasi Islam dan Sains Terhadap Matematika,” Pros. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat., pp. 4–7, 2011.
[4] Abdussakir, “Internalisasi Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi analogi,” in a Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 2017, pp. 1–15.
[5] Abdussakir and Rosimanidar, “Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta Praktik Pembelajarannya,” Semin. Nas. Integr. Mat. di dalam Al-Quran, no. April, pp. 1–16, 2017.
[6] A. Abdussakir, “Pentingnya Matematika dalam Pemikiran Islam,” disampaikan pada Seminar Internasional “The Role of Sciences and Technology in Islamic Civilization” di UIN Malang, 2009. [Online]. Available: https://abdussakir.wordpress.com/artikel/.
[7] W. H. Irawan, Abdussakir, and A. Kusumawati, “Rahasia Bilangan dalam Al- Qur ’ an,” Penelit. Ilmu Pengetah. Terap., vol. 1, p. 66, 2005.
[8] A. Hapiz, H. Annisa, M. Afifudin, Abdussakir and I. Rofiki, “Bilangan Pecahan dalam Al-Quran dan Hadits,” vol. 5, no. 1, 2019.
[9] M. Nu’man, “Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Alquran,” JPM J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, p. 39, 2016.
[10] L. Kelly and C. Booth, “Estimate,” in Dictionary of Strategy: Strategic Management A-Z, 2013.
[11] I. T. Hazhiah, S. Sugito, and R. Rahmawati, “Estimasi Parameter Distribusi Weibull Dua Parameter Menggunakan Metode Bayes,” MEDIA Stat., vol. 5, no. 1, 2012.
[12] Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif.pdf. 2014.
[13] J. W. Creswell, Creswell, J.W. 2003.
[14] D. M. A. Lexy J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi),” PT. Remaja Rosda Karya, p. 157, 2019.