Pengembangan Modul Matematika Teknik Mengacu KKNI Untuk Teknik Sipil

Main Article Content

Rahma Ramadhani Abdiyah Amudi

Abstract

Matematika teknik merupakan matakuliah wajib dalam program studi teknik sipil. Modul matematika yang aplikatif merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung pembelajaran di dalam prodi teknik sipil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul matematika teknik yang aplikatif untuk teknik sipil dan memenuhi kecukupan kriteria valid, praktis dan efektif. Modul dikembangkan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Hasil validasi oleh  validator ahli materi menunjukkan rata-rata 3,23 (kriteria cukup valid), validasi ahli media menunjukkan rata-rata 3,26 (kriteria valid), validasi ahli bahasa rata-rata 3,00 (kriteria cukup valid) serta validasi praktikan rata-rata 3,12 (kriteria cukup valid). Hasil uji kepraktisan dari uji coba kelas kecil menunjukkan tingkat kepraktisan 86,72% (kriteria sangat praktis). Hasil uji coba untuk kelas besar menunjukkan kenaikan pada nilai tes dari rata-rata 38,5 pada saat pre-test menjadi 77,55 pada saat post-test. Tingkat korelasi antara sesbelum dan sesudah penggunaan modul 0,713 dengan probabilitas


< 0,05 menunjukkan perbedaan rata-rata nilai pre-test dan post-test. Dari beberapa hasil uji yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa modul matematika teknik untuk teknik sipil telah memenuhi kecukupan dalam kriteria valid, praktis dan efektif.

Article Details

How to Cite
RAMADHANI, Rahma; AMUDI, Abdiyah. Pengembangan Modul Matematika Teknik Mengacu KKNI Untuk Teknik Sipil. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [222-229], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/946>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Tim Pengembang Kurikulum. 2016. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
[2] Melisa. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terimbing yang Valid Pada Perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak I (Vol. I). Padang, Sumbar, Indonesia: Lemma.
[3] Thiagarajan, S. O.dkk (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Virginia.
[4] Akker, d. (1999). Design Approaches and Tools in Educaton and Training. Dordrecht Kluwer Academic Publisher.
[5] https://kbbi.web.id/cukup.html. Tanggal 14 September (Online).
[6] Hobri, H. 2010. Metodologi Penelitian dan Pengembangan. . Jember: PENA Salsabila
[7] Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta