Etnomatematika : Transaksi Jual Beli Masyarakat Madura Pendahuluan; Metode Penelitian; Hasil dan Pembahasan; Kesimpulan

Main Article Content

Aida Adawia Tutus Dinantika Elly Susanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kebudayaan yang diterapkan oleh suku Madura khususnya pada transaksi jual beli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa budaya transaksi jual beli pada masyarakat Madura yakni budaya sistem takar yang unik di mana dalam proses penjualan para pedagang masyarakat Madura khususnya masyarakat disekitar pesisir yang umumnya berjualan ikan, yang mana kegiatan penjualan tidak menggunakan alat bantu atau timbangan. Jika dikaitkan dengan matematika sekolah kegiatan yang dilakukan pada masyarakat Madura dapat dikaitkan dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Article Details

How to Cite
ADAWIA, Aida; DINANTIKA, Tutus; SUSANTI, Elly. Etnomatematika : Transaksi Jual Beli Masyarakat Madura. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [244-249], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/949>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Islam and Mathematics Integration

References

[1] Muslihati, “Nilai-nilai Psychological Well - Being dalam Budaya Madura dan Kontribusinya Pada Pengembangan Kesiapan Karier Remaja Menghadapi Bonusd demografi,” J. Stud. Sos., vol. 6, no. 2, pp. 120–125, 2014.
[2] A. Islamiah, “Ethnomathematics transaksi jual beli yang dilakukan pedagang sayur pada lingkup masyarakat bebahasa jawa,” IOSR J. Econ. Financ., vol. 3, no. 1, p. 56, 2016.
[3] M. Zayyadi, “Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura,” no. March 2017, 2018.
[4] Umslah, “Etnomatematika pada transaksi jual beli oleh pedagang sayur etnis madura di pasar puring siantan artikel penelitian,” Ethnomathematica, 2018.
[5] Y. Indrawati, Sunardi, and A. Indah, “Etnomatematika pada Proses Jual Beli yang dilakukan Masyarakat Osing di Pasar Tradisional sebagai Bahan Pembelajaran Aritmetika ( Ethnomathematics In The Process Of Buying And Selling Transaction In Osing Society At Traditional Markets As Arithmetic Lesso,” pp. 1–6, 2015.
[6] D. W. Ekowati, D. I. Kusumaningtyas, and N. Sulistyani, “Ethnomathematica Dalam Pembelajaran Matematika (Pembelajaran Bilangan Dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal Dan Tari Khas Madura),” J. Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar, vol. 5, no. 2, p. 716, 2017.
[7] D’Ambrosio, “Literacy, Matheracy, and Technoracy: A Trivium for Today,” Math. Think. Learn. 1(2), 131-153., 1999.
[8] H. S. P. Petrus Kanisius Abiyasa, Yohanes Restu Dhyas Yulianto, “Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP pADA materi SPLDV dengan Ilustrasi Kegiatan Jual Beli Pakaian Adat,” Pros. Semin. Nas. Etnomatematnesia.
[9] A. M. Abi, “Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah,” JPMI (Jurnal Pendidik. Mat. Indones., vol. 1, no. 1, p. 1, 2017.
[10] P. aAlbert A. Jeinne Mumu, “Analisis Konteks Asal Budaya Papua Dalam Pendidikan Matematika Realistik,” J. Honai Math, vol. 1, no. 1, 2018.