Analisa Kesejahteraan Rumah Tangga Menggunakan Metode C5.0

Main Article Content

Aisyah wisri Yuliana Susanti Isnandar Slamet

Abstract

Kemiskinan merupakan hal lumrah yang dapat ditemui di negara berkembang. Hal ini terjadi ketika masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup dasar yang berdampak pada kesejahteraan rumah tangga. Penelitian ini dilakukan kepada setiap kepala rumah tangga untuk menentukan pola status rumah tangga dan dapat dijadikan bahan analisis pemerintah untuk menentukan status rumah tangga di masa yang akan datang. Klasifikasi berdasarkan pada status kesejahteraan, jenis kelamin, pendidikan terakhir, lapangan usaha, dan jumlah anggota keluarga. Teknik klasifikasi menggunakan pohon keputusan dapat digunakan untuk mengelompokkan data ke suatu kelas tertentu. Pohon keputusan yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma C5.0.

Article Details

How to Cite
WISRI, Aisyah; SUSANTI, Yuliana; SLAMET, Isnandar. Analisa Kesejahteraan Rumah Tangga Menggunakan Metode C5.0. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [262-267], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/954>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Mathematics

References

[1] Suryana, Kewirausahaan, Jakarta : Salemba Empat, 2008.
[2] Supriatna, Birokrasi Pemberdayaan dan Pengentasan Kemiskinan, Bandung : Humaniora Utama Press, 1997.
[3] Gianne. Pengaruh Upah Minimum terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Berpendidikan Rendah di Sektor Industri dan Perdagangan, Thesis, Universitas Indonesia, 2009.
[4] Patil, N., R. Lathi, and V. Chitre, Customer Card Classification Based on CART and C5.0 Algorithms.International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA) 2 , 2012.
[5] Han, J. and M. Kamber, Data Mining Concept and Technique. San Fransisco: Morgan Kauffman, 2006.
[6] Kusrini dan Emha T., Algoritma Data Mining. Yogyakarta : ANDI, 2009.
[7] Jayanti, N., S.Puspitodjati, dan T. Elida, Teknik Klasifikasi Pohon Keputusan Untuk Memprediksi Kebangktan Bank Berdasarkan Rasio Keuangan Bank, Universitas Gunadarma, 2008.
[8] Elsayad, A.M., & Elsalamony, H.A. (2013). Diagnosis Breast Cancer using Decision Tree Models and SVM. International Journal of Computer Applications, Vol. 83, No. 5.