Desain Petri Net dan Aplikasi Aljabar Max-Plus Pada Produksi Susu Kedelai Berkah

Main Article Content

Dewi Nurmalitasari Ratna Eka Iswahyuni

Abstract

Susu kedelai yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga menciptakan peluang usaha bagi usaha rumahan untuk bersaing memproduksi sekaligus memasarkan susu kedelai buatannya. Semakin banyaknya pesanan susu kedelai yang di pasarkan, membuat pengusaha susu kedelai harus memproduksi susu kedelai dalam jumlah banyak agar memperoleh keuntungan. Namun, dengan semakin banyaknya pesanan yang didapatkan, pengusaha mengalami kesulitan mengestimasi waktu proses produksi setiap tahapannya apalagi saat proses produksi dilaksanakan bersamaan. Sehingga diperlukan estimasi penjadwalan tiap proses produksi. Permasalahan tersebut dapat dimodelkan dengan Petri Net dan didapatkan hasil alur Petri Net yang dibuat tidak dijumpai deadlock dan dianalisis menggunakan coverability tree dan didapatkan model matematika yang dianalisis dengan menggunakan Aljabar Max-plus untuk mengestimasi proses produksi. Hasil dari alur Petri Net yang didesain dan dihitung menghasilkan alur yang liveness serta waktu penjadwalan akhir produksi susu kedelai yaitu 882 menit.

Article Details

How to Cite
NURMALITASARI, Dewi; ISWAHYUNI, Ratna Eka. Desain Petri Net dan Aplikasi Aljabar Max-Plus Pada Produksi Susu Kedelai Berkah. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [268-276], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/955>. Date accessed: 28 oct. 2020.
Section
Mathematics

References

[1] Picauly, Priscillia, dkk. (2015). Pengaruh Penambahan Air Pada Pengolahan Susu Kedelai. Jurnal Agritekno Vol. 4 No.1, 4–13.
[2] Hasanah, Uswa., Putrawangsa, Susilahudin. (2017). Penggunaan Aljabar Maxplus Dalam Pembentukan Model Matematis Pada Sistem Penjadwalan Praktikum Laboratorium. Jurnal Beta vol. 10, 51–69.
[3] Nurmalitasari, Dewi, Maya Rayungsari. (2018). Model Aljabar Max Plus dan Petri Net Pada Sistem Pelayanan Pendaftaran Ujian Akhir Semester. Jurnal Aksioma Vol. 9 No. 2. 47 –56.
[4] Putri, Rani Kurnia, Sari Cahyaningtias. (2017).Universitas PGRI Adi Buana. Desain Petri-Net Untuk Mengintegrasikan Tiga Moda Transportasi Yang Menghubungkan Surabaya-Denpasar.Didaktika, 61–68.
[5] Pramesthi, Sri Rejeki Puri Wahyu. (2017). Terapan Aljabar Max-Plus Pada Sistem Proses Produksi Gelas. Jurnal Widyaloka Vol. 4 No. 2, 223–239.
[6] Rafflesia, Ulfasari. (2012). Penerapan Aljabar Max-Plus Pada Sistem Produksi Meubel Rotan. Jurnal Gradien Vol. 8 No. 1, 77 –779.
[7] Subiono. (2015). Aljabar Min-Max Plus Dan Terapannya. Buku Ajar Mata Kuliah Pilihan Pasca Sarjana Matematika, 1–165.