Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis PMR pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat

Main Article Content

M. Gunawan Supiarmo Siti Azizah Susilahuddin Putrawangsa Imam Sujarwo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) pada materi operasi perkalian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian dipahami sebagai sebuah prosedur oleh siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil kerja siswa ketika diberikan masalah operasi perkalian, sebagian besar siswa menggunakan prosedur kali susun untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan. Kebiasaan siswa mengoperasikan perkalian dengan melakukan kali susun mengharuskan siswa untuk mengingat langkah-langkah prosedurnya, akibatnya siswa menyimpulkan bahwa operasi perkalian merupakan pembelajaran yang identik dengan hafalan, sehingga membuat mereka tidak termotivasi dalam belajar matematika. Oleh karena itu, peneliti mengimplementasikan pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian dengan model PMR yang terbukti dapat mengembangkan pemahaman siswa serta menjadikan pembelajaran bermakna dengan memanfaatkan realitas kehidupan sehari-hari siswa dalam belajar matematika. Penelitian dilakukan pada salah satu Sekolah Dasar Negeri di daerah Lombok Nusa Tenggara Barat dengan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah operasi perkalian dengan menggunakan konsep sifat distributif. Hal ini diketahui dari hasil observasi pembelajaran, perbandingan jawaban pre test dengan post test dan wawancara terhadap siswa.

Article Details

How to Cite
SUPIARMO, M. Gunawan et al. Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis PMR pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [277-284], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/956>. Date accessed: 07 apr. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] U. Mulbar, “Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika dengan Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat,” J. Cakrawala Pendidik., no. 2, pp. 278–287, 2015.
[2] L. Dewi Murniati, I. Candisa Made, and I. Kirna Made, “Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa smp,” J. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 46, no. 2, pp. 114–124, 2013.
[3] P. T. Tampubolon, “Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar Univ. Pendidik. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 190–198, 2016.
[4] W. Hartono and N. N. Samiadi, “Urgensi Pembelajaran Perkalian Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia pada Siswa Tunarungu,” J. Pendidik. Luar Biasa, vol. 4, no. 1, pp. 17–26, 2008.
[5] J. P. Makonye, “Teaching Functions Using a Realistic Mathematics Education Approach : A Theoretical Perspective,” vol. 7, no. 3, pp. 653–662, 2014.
[6] luh Dewi Murniati, I Made Candiasa, I Made Kirma, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, pp. 373–384, 2018.
[7] W. Ummah Khoirotul, “Pengembangan Bahan Ajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Siswa Kelas IV MI Bustanul Ulum Batu,” Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014.
[8] N. Lisnawati, J. A. Alim, and Syahrilfuddin, “Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II D SD Negeri 132 Pekanbaru,” pp. 1–11, 2015.
[9] Septia Rahmawati, Suci. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.