Peramalan Jumlah Siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam Rangka Menentukan Anggaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Negara Indonesia

Main Article Content

Farah Abqorunnisa'

Abstract

Dana Bantuan Operasioal Sekolah (BOS) adalah salah satu program pemerintah yang dapat membantu masyarakat dalam bidang pendidikan di sekolah maupun madrasah di Negara Indonesia. Anggaran dana yang diberikan oleh pemerintah harus direncanakan terlebih dahulu berdasarkan anggaran dana dari tahun-tahun sebeumnya. Masyarakat di Indonesia di wajibkan untuk wajib belajar selama 9 tahun, yakni melalui masa SD, SMP, maupun SMA. Penetapan aturan wajib belajar yang diberlakukan oleh pemerintah, Kemeterian Agama Republik Indonesia mengadakan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang mana data tersebut diberikan keapada masyarakat yang memiliki perekonomian rendah terutama  dalam bidang pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Mengetahui trend perkembangan jumlah siswa dari tahun 2005 hingga 6 atau 10 tahun ke depan. Untuk melakukan penelitian peramalan mengenai jumlah siswa madrasah, data yang digunakan adalah data perkembangan jumla siswa dari 33 provinsi di Indonesia dari tahun 2005 sampai 2015. Berdasarkan analisis trend perkembangan jumlah siswa madrasah dapat disimpulkan bahwa peramalan  terhadap jumlah siswa untuk 33 provinsi di Indonesia lebih banyak menggunakan teknik peramalan terakurat (trend quadratic). Hasil peramalan jumlah siswa madrasah untuk 6 atau 10 tahun ke depan dapat dijadikan gambaran untuk tahun-tahun yang akan datang. Dampaknya, alokasi dana yang diberikan dari pemerintah kepada masing-masing provinsi di Indonesia tidak akan menjadi salah sasaran dan meminimalisir adanya kekurangan dan kelebihan pemberian dana antar masing-maisng provinsi di Indonesia.

Article Details

How to Cite
ABQORUNNISA', Farah. Peramalan Jumlah Siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam Rangka Menentukan Anggaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Negara Indonesia. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [289-314], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/964>. Date accessed: 06 apr. 2020.
Section
Islam and Mathematics Integration

References

[1] Cryer, J. D. And K.J. Chan . 2008. Time series Analysis With Application in R Second Edition. USA. Springer.
[2] Satria, 2014. Analisis Peramalan Permintaan Jasa TransportasKereta Api Commuter Line Jabodetabek. (Skripsi). Institut Pertanian Bogor. Bogor.Departemen Pendidikan dan Departemen Agama. 2007. Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan BOS Buku dalam Rangka Wajib Belajar 9 Tahun. Jakarta: Depdiknas&Depag.
[3] Sakinah, 2016. Peramalan Produksi, Luas Panen Dan Harga Serta Analisis Integrasi Pasar Spasial Kacang Tanah Di Provinsi Bengkulu. (Skripsi). Universitas Bengkulu.Departemen Pendidikan Nasional, 2010, Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.
[4] Indrawati, 2017. Analisis Trend Kinerja Keuangan Bank Kaltim. Research Journal of Accounting and Business Management. 1, (2), 230.
[5] Monica,2012. Penerapan Metode Trend Untuk Meramalkan Tipe DataMusiman. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
[6] Kementerian Agama Republik Indonesia. 2019. "Profil" [Online], Portal Kementerian Agama Republik Indonesia. https://kemenag.go.id/home/artikel/42867. Diakses tanggal 24 Juli 2019.
[7] Makridakis, S., Wheelwright, S.C.,& McGee, V.E. 1992. Forecasting: Methods and Applications, 2nd Edition, John Wiley & Sons, Inc. (alih bahasa : Hari Sumintro. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan, Edisi ke-2, Binarupa Aksara : Jakarta.
[8] Makridakis, S., Wheelright S.C. dan McGee, V.E. 1995. Metode danAplikasi Peramalan, Edisi Kedua. Alih bahasa untung Sus Andriyanto dan Abdul Basith. Jakarta.Erlangga.
[9] Nurhayati,2010. Peramalan Jumlah Penumpang Pada Pt. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Dengan Metode Winter’s Exponential Smoothing Dan Seasonal Arima.(Skripsi). Universitas NegeriYogyakarta. Yogyakarta.