Analisis Kreativitas siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat pada Kelas X MAN 4 Kediri

Main Article Content

Rohmat Akbar Aji Imam Sujarwo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat pada kelas X MAN 4 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MAN 4 Kediri dengan subjek sebanyak 3 siswa. Data yang diperoleh berupa data hasil tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian mengenai Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat pada Kelas X MAN 4 Kediribahwa : (1) Untuk siswa berkemampuan tinggi  mencapai kreativitas Tingkat 3. (2) Siswa berkemampuan sedang mencapai kreativitas Tingkat 1. (3) Siswa berkemampuan rendah mencapai kreativitas Tingkat 1. Kreativitas tertinggi mencapai tingkat 3.

Article Details

How to Cite
AJI, Rohmat Akbar; SUJARWO, Imam. Analisis Kreativitas siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat pada Kelas X MAN 4 Kediri. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [315-320], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/965>. Date accessed: 06 aug. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Abbdurrahman, Mulyono. (2003) Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[2] Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad. (2011) Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Angkasa.
[3] Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2002) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] Fauziyah, Usodo, Budi, dan CH, Henny Ekana. (2013) Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau Dari Adversity Quotient(AQ) Siswa (Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol.1 No.1)
[5] Hasan, Muhammad Tholchah, et all.. (2003) Metode penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Surabaya: Visipress Offset.
[6] Johanes, et. all.. (2006) Kompetensi Matematika. Jakarta: Yudistira.
[7] Kana, Nur Inti. (2012) Analisis Tingkat Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di SMP Islam Tanen Rejotangan Tulungagung Kelas VIII A Tahun Pelajaran 2011/2012. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan.
[8] Kriyantono, Rachmat. (2006) Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
[9] Masykur, Moch. dan Fathani, Abdul Halim. (2008) Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
[10] Moleong, Lexy J.. (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[11] Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
[12] Mulyana, Deddy. (2010) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[13] Munandar, Utami. (2002) Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Jakarta: Gramedia pustaka utama.
[14] Muniri. (2016) Kontribusi Matematika dalam konteks Fikih. Tulungagung: TA’ALUM.
[15] Naim, Ngainun. (2011) Dasar-dasar komunikasi pendidikan. ygyakarta: Ar-Ruzz Media.
[16] Nasution, S.. (2011) Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Angkasa.
[17] Negoro, ST. dan Harahap, B.. (2005) Ensiklopedia Matematika. Bogor: Ghalia Indonesia.
[18] Purwanto, Ngalim. (2008) Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[19] Ronis, Diane. (2009) Pengajaran Matematika Sesuai Cara Kerja Otak. Jakarta: Indeks.
[20] Sanjaya, Wina. (2009) Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
[21] Sanjoyo, Bandung Arry, et. all.. (2008) Matematika SMK Bisnis dan Manajemen. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
[22] Sanjaya, Wina. (2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
[23] Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008) Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Surabaya: Unesa Universitas Press.
[24] Sokolova, Irina V., et. all.. (2008) Kepribadian anak. Yogyakarta: Katahati.
[25] Subarinah, Sri. (2006) , Inovasi Pembelajaran Matematiaka. DEPDIKNAS
[26] Sudjana, Nana. (2012) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[27] Suherman, Erman. Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
[28] Sujanto, Agus. (2012) Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
[29] To’ali. (2008) Matematika Sekolah menengah Kejuruan . Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.