Kombinasi Scaffolding Tertulis dan Verbal Untuk Menunjang Munculnya Creative Thinking Pada Mahasiswa Calon Guru

Main Article Content

Wisnu Siwi Satiti Eliza Verdianingsih

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu kompetensi utama pendidikan Indonesia. Sebagai bekal karir profesional mahasiswa calon guru, penting bagi mereka untuk mengalami aktivitas matematika yang menumbuhkan berpikir kreatif (creative-thinking). Aspek utama creative-thinking pada matematika adalah divergent-thinking yang meliputi fluency, flexibility dan novelty/originality. Tetapi, muncul tidaknya divergent- thinking juga dipengaruhi faktor lain, yaitu isi dan bentuk tes/tugas yang diberikan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pembelajaran dengan pemberian scaffolding. Scaffolding diberikan dalam bentuk tertulis, yaitu pemberian environmental provisions dalam bentuk soal/tugas terstruktur, dan scaffolding verbal pada diskusi/dialog matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode design research. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran yang  menyeluruh dan detil tentang bagaimana scaffolding yang telah diberikan mampu menunjang munculnya creative-thinking sesuai dengan komponen divergen-thinking. Data pada peneliti antara lain hasil kerja mahasiswa dan rekaman video pembelajaran yang menunjukkan scaffolding dalam dialog matematika. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa calon guru yang sedang menempuh matakuliah Telaah Matematika Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding yang telah diberikan membantu menumbuhkan creative-thinking pada komponen fluency dan flexibility. Dari level 0 sampai 4 pada creative-thinking, mahasiswa mampu mencapai  level 3.

Article Details

How to Cite
SATITI, Wisnu Siwi; VERDIANINGSIH, Eliza. Kombinasi Scaffolding Tertulis dan Verbal Untuk Menunjang Munculnya Creative Thinking Pada Mahasiswa Calon Guru. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [329-337], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/970>. Date accessed: 28 oct. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Permendikbud No. 35 tahun 2018
[2] Siswono, T. Y. E., Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah Matematika. Simposium Nasional Penelitian Pendidikan, Pusat Studi Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta, 25-26 Juli 2007.
[3] Piffer, D., Can creativity be measured? An attempt to clarify the notion of creativity and general directions for future research. Thinking Skills and Creativity, 7(3), 258-264, 2012.
[4] Leikin, R., Berman, A., & Koichu, B., Creativity in mathematics and the education of gifted students. Brill Sense, . 2009.
[5] Mann, E. L., The search for mathematical creativity: Identifying creative potential in middle school students. Creativity Research Journal, 21(4), 338-348, 2009.
[6] Huang, P. S., Peng, S. L., Chen, H. C., Tseng, L. C., & Hsu, L. C., The relative influences of domain knowledge and domain-general divergent thinking on scientific creativity and mathematical creativity. Thinking Skills and Creativity, 25, 1-9, 2017.
[7] Siswono, T. Y. E., Level of students creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Reviews, 6(7), 548-553, 2011.
[8] Bakir, Selda & Öztekin, Esra, Creative Thinking Levels of Preservice Science Teachers in Terms of Different
Variables. Journal of Baltic Science Education. 13(2): 231-242, 2014.
[9] Anghileri, J., Scaffolding practices that enhance mathematics learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9, 33–52, 2006.
[10] Van de Pol, J., Volman, M., & Beishuizen, J., Scaffolding in Teacher Student Interaction: A Decade of Research. Educ Psychol Rev, 22, 271-296. doi: 10.1007/s10648-010-9127-6, 2010.
[11] Lin, D., Reay, N., Lee, A. & Bao, L., Exploring the role of conceptual Scaffolding in solving synthesis problems. Physical Review Special Topics-Physics Education Research 7,020109, 2011.
[12] Kazak, S., Wegerif, R., & Fujita, T., Combining scaffolding for content and scaffolding for dialogue to support conceptual breakthroughs in understanding probability. ZDM Mathematics Education, 47(7). doi:10.1007/s11858-015-0720-5, 2015.
[13] Fatimah, S., Muhsetyo, G., & Rahardjo, S., Proses Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pisa dan Scaffoldingnya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 24-33, 2019.
[14] Prahmana, R. C. I., Designing division operation learning in the mathematics of “GASING”. Proceeding in The First South East Asia Design/Development Research (SEADR) Conference 2013 (pp. 391–398). Palembang: Sriwijaya University, 2013.