Eksplorasi Etnomatematika dalam Pembelajaran yang bercirikan Realistic Mathematics Education di Madrasah Tsanawiyah Daruttauhid Malang

Main Article Content

Nur Wiji Sholikin Siti Badriyahtul Elly Susanti

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tantangan pembelajaran matematika di madrasah tsanawiyah dalam pesantren, motivasi belajar siswa rendah membuat siswa cenderung mengabaikan materi pelajaran umum, pembelajaran di kelas kurang menarik dan kurang menyenangkan. Tujuan penelitian ini memberikan solusi bagi pendidik, dengan cara mengeksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika yang bercirikan realistic mathematics education materi bangun datar segiempat dan segitiga pada siswa kelas VII madrasah tsanawiyah daruttauhid malang. Metode pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dengan 5 orang asli lamongan, 3 guru matematika, dan 20 siswa kelas VIIc, analisis teks dan gambar, menyajikan informasi dalam bentuk gambar dan tabel, serta interpretasi pribadi atas temuan-temuan di lapangan. Eksplorasi permainan tradisional das-dasan dalam pembelajaran sebagai sarana untuk memotivasi siswa, dan memberikan inovasi baru bagi pendidik dalam upaya mengoptimalkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan bermakna.

Article Details

How to Cite
SHOLIKIN, Nur Wiji; BADRIYAHTUL, Siti; SUSANTI, Elly. Eksplorasi Etnomatematika dalam Pembelajaran yang bercirikan Realistic Mathematics Education di Madrasah Tsanawiyah Daruttauhid Malang. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [338-345], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/971>. Date accessed: 07 apr. 2020.
Section
Mathematics Education

References

M. Torikul Chaer, “Peran Madrasah Dalam Menghadapi Era Globalisasi,” MUADDIB, vol. 06, no. 02, pp. 182–202, 2016.
[2] L. Maisaroh, “Peluang pemanfaatan pembelajaran berorientasi teknologi informasi di lingkup madrasah (mempersiapkan madrasah berwawasan global),” Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 01, no. 2, pp. 147–153, 2016.
[3] S. Rini, “Kontinuitas Pesantren dan Madrasah di Indonesia,” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, vol. 11, no. 1, p. 1, 2016.
[4] B. Ulum, M. T. Budiarto, and R. Ekawati, “Etnomatematika Pasuruan : Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Batik Pasedahan Suropati,” J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 4, no. 2, 2018.
[5] N. D. Zaenuri, A.W.P.B. Teguh, “Ethnomathematics Exploration on Culture of Kudus City and Its Relation to Junior High School Geometry Concept,” Int. J. Educ. Res., vol. 5, no. 9, pp. 161–168, 2017.
[6] E. B. Prihastari, “Pemanfaatan Etnomatematika Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar,” MENDIDIK, vol. 1, no. 2, pp. 155–162, 2015.
[7] A. Maharani and S. Maulidia, “Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin,” WACANA Akad. Maj. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 2, p. 224, 2018.
[8] W. P. Maryati, “Etnomatematika: eksplorasi dalam tarian tradisional pada pembukaan asian games 2018,” FIBONACCI, vol. 5, no. 1, pp. 23–28, 2019.
[9] A. Q. Fouze and M. Amit, “Development of mathematical thinking through integration of ethnomathematic folklore game in math instruction,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 14, no. 2, pp. 617–630, 2018.
[10] E. D. Hendrawati, “Penggunaan Media Permainan dalam Pembelajaran Matematika untuk Pengembangan Karakter Siswa di SMP Negeri 24 Surakarta,” Univ. Muhammadiyah Surakarta, vol. 10, no. 2, pp. 1–15, 2018.
[11] C. S. Mochamad Farid Ubaidillah, Subanji, “Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Materi Opersi Hitung untuk Siswa Sekolah Dasar,” Pascasarj. Univ. Negeri Semarang, 2014.
[12] J. Non Bunga, Isrok’atun, “Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa,” Pena Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 441–450, 2016.
[13] John W. Creswell, Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 4th ed. United States of America: SAGE Publications, 2014.