Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Negeri 8 Lhokseumawe

Main Article Content

Lisa Lisa

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP Negeri 8 Lhokseumawe merupakan salah satu masalah utama dalam pendidikan matematika. Siswa jarang diberikan soal-soal non rutin mengakibatkan siswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal non rutin yang bersifat analisis, sehingga siswa tidak mampu memahami masalah yang berakibat siswa tidak mampu merencanakan penyelesaian apalagi menyelesaikan masalah serta mengecek kembali jawabannya. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu pendekatan yang tepat dalam pembelajaran matematika agar kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih baik, salah satu pendekatan pembelajaran matematika dapat membuat kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik adalah pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan kelompok kontrol pretest-posttest, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik lebih meningkat daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaraan biasa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Lhokseumawe, sampel adalah kelas VII SMP Negeri 8 Lhokseumawe berjumlah 105 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Instrumen-instrumen ini telah dinyatakan validasi konten yang memenuhi syarat, koefisien reliabilitas 0,814. Analisis data yang digunakan adalah Uji-t, dengan menunjukkan bahwa nilai t adalah 7,705 lebih besar dari t(0,05;103) = 1,671. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik lebih meningkat daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaraan biasa.

Article Details

How to Cite
LISA, Lisa. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Negeri 8 Lhokseumawe. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [363-372], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/978>. Date accessed: 06 aug. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Sanjaya, Wina. (2005), Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
[2] Depdiknas, (2003), Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Menengah Pertama dan
[3] L Lisa , (2016), Dampak Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 6 Lhokseumawe, ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, Volume 7(1)
[4] L Lisa , (2017),Interpretasi Dan Analisis Hasil Jawaban Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Lhokseumawe Pada Materi Bangun Datar, Sarwah: Journal of Islamic Civilization and Thought, Volume 1(1)