Etnomatematika: Eksplorasi Geometri Dalam Topeng Malangan

Main Article Content

Muchlas Zuby Rizqita Alimatun Nisa'

Abstract

Beberapa penelilitian memuat banyak kajian dan keterkaitan budaya tersebut dengan unsur pendidikan, sosial budaya, maupun unsur sains dan matematika. Keterkaitan budaya dan matematika dapat diterapkan melalui kajian etnomatematika. Salah satunya budaya yang dapat di eksplorasi adalah kesenian topeng malangan. Pembuatan topeng malangan terdapat unsur geometri yaitu dalam pembuatan sketsa topeng. Unsur geometri transformasi yang dapat ditemukan adalah sifat refleksi atau pencerminan. Tujuan dari studi literatur ini adalah menyelidiki adalah bagaimana geometri digunakan dalam sketsa kesenian topeng malangan. 

Article Details

How to Cite
ZUBY, Muchlas; NISA', Rizqita Alimatun. Etnomatematika: Eksplorasi Geometri Dalam Topeng Malangan. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [373-377], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/979>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Islam and Mathematics Integration

References

[1] R. Bazinet and A. M. Marshall, “Ethnomusicology, Ethnomathematics, and Integrating Curriculum,” Gen. Music Today, vol. 28, no. 3, pp. 5–11, 2015.
[2] N. P. A. A. Wijayanti, Sunardi, I. M. Tirta, P. M. Margaretha, and Y. Y. Wijaya, “Ethnomathematics in Balinese culture as a learning material for logic and reasoning geometry,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 243, no. 1, 2019.
[3] I. Risdiyanti and R. C. I. Prahmana, “Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 943, no. 1, 2018.
[4] D. Muhtadi, Sukirwan, Warsito, and R. C. I. Prahmana, “Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns,” J. Math. Educ., vol. 8, no. 2, pp. 185–198, 2017.
[5] D. W. Ekowati, “Ethnomathematica pembelajaran matematika dalam perspektif budaya,” 2018.
[6] M. S. Noto, S. Firmasari, and M. Fatchurrohman, “Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 201–210, 2018.
[7] R. Hidajat, “Fungsi dan Proses Pembuatan Topeng di Kabupaten Malang Jawa Timur,” Din. Kerajinan dan Batik, vol. 31, no. 01, pp. 1–12, 2014.
[8] Melany and A. N. Aditya, “Kajian Estetik Topeng Malangan (Studi Kasus di Sanggar Asmorobangun, Desa Kedungmonggo, Kec. Pakisaji, Kab. Malang,” pp. 1–19, 2013.
[9] W. Astrini, C. B. Amiuza, and R. P. Handajani, “Semiotika Rupa Topeng Malangan,” Ruas, vol. 11, pp. 89–98, 2013.
[10] W. Rahayuningtyas, “Pengemasan Bahan Ajar Tari Topeng Malang Pada Mata Kuliah Vokasi Tari Malang,” Harmon. - J. Arts Res. Educ., vol. 13, no. 1, pp. 29–36, 2013.
[11] S. Suherman, “Ethnomathematics : Eksploration of Traditional Crafts Tapis Lampung as Ilustration of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM),” Eduma Math. Educ. Learn. Teach., vol. 7, no. 2, 2018.
[12] R. H. Robbi, “Fungsi dan proses pembuatan topeng di kabupaten malang jawa timur,” Din. Kerajinan Batik, vol. 31, no. 1, pp. 1–12, 2014.