Analisis Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi yang Terintegrasi Nilai-nilai Islami

Main Article Content

Febryanti Mina Herlina Ahmad

Abstract

Integrasi nilai-nilai islami pada materi relasi dan fungsi merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep relasi dan fungsi yang terintegrasi nilai-nilai islami. Tahapan dalam penelitian ini yaitu pemberian tes diagnostik yakni soal essai relasi dan fungsi terintegrasi nilai-nilai islami untuk mengungkap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK Mega Link Majene dan wawancara. Selanjutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis, berdasarkan analisis data secara kualitatif yang melalui 3 tahapan alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa pada saat tes dan wawancara, dapat diketahui bahwa ketercapaian dari tujuh indikator kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep matematis yaitu indikator 1 (mengidentifikasi konsep secara verbal dan tulisan) dan 2 (membuat contoh dan non contoh penyangkalan) berada pada kategori tinggi. Sedangkan indikator 3 (mempresentasikan suatu konsep dengan model, diagram dan symbol) dan 4 (mengubah suatu bentuk representasi ke bentuk lain) berada pada kategori sedang. Indikator 5 (mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep dengan mengenal syarat-syarat yang menentukan suatu konsep), 6 (mengenal berbagai makna dan interprestasi konsep) dan 7 (membandingkan dan membedakan konsep-konsep) berada pada kategori rendah.

Article Details

How to Cite
MINA, Febryanti; AHMAD, Herlina. Analisis Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi yang Terintegrasi Nilai-nilai Islami. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [378-383], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/982>. Date accessed: 28 oct. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Mulyasa, E., & Profesional, M.G. (2005). Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rodaskarya
[2] Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[3] Ruseffendi. E. T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung. Tarsito.
[4] Kania, N., & Arifin, Z. (2018). Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman. Procediamath, 1(2).
[5] Nur’aini, E.S., Irawati, R. & Julia. 2016. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol.1, No.1
[6] Skemp, R. R. (2005). Relational and Instrumental Understanding
[7] Dafril, A. 2011. Pengaruh Pendekataan Kontrutivisme terhadap Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa. (Prosiding) PGRI Palembang.
[8] Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 231-234
[9] Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.
[10] Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 196-203.
[11] Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
[12] National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
[13] Abdussakir. 2018. Integrating Mathematics and Religious Teachings and Values in Elementary and Secondary School, Keynote Speaker Full Paper dalam International Conference on Mathematics and Islam pada tanggal 3 – 5 Agustus 2018 di Mataram Nusa Tenggara Barat.
[14] Abdussakir, dan Rosimanidar. 2017. Model Integrasi Matematika dan Alquran serta Praktik Pembelajarannya. Disajikan dalam seminar nasional integrasi matematika di dalam Alquran (pp.1-16). Bukit tinggi: Jurusan Matematika.
[15] Nasir, M., Dollo, A., & Buhaerah, B. (2017, July).Model Pembelajaran Model Pembelajaran Berpikir Kritis yang Terintegrasi Nilai-nilai Islami. In Prosiding SI Manis (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol.1,No.1,pp.141-146).
[16] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan r&D. Bandung: Alfabeta.