Uji Validitas Desain Pembelajaran Trigonometri

Main Article Content

Herlina Ahmad Febryanti Febryanti Kasbawati Kasbawati Irwan Akib

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan yang  bertujuan untuk menguji validitas desain pembelajaran trigonometri terintegrasi Al-Qur'an dengan konsep sibaliparriq sebagai model pembelajaran. Desain pembelajaran mengacu pada alur desain modifikasi dari siklus Mc.Kenney dengan pengembangan Dick and Carey. Tahapan penelitian ini yaitu melakukan analisis kebutuhan untuk menghasilkan prototype desain pembelajaran, mengembangkan buku ajar aplikasi trigonometri terintegrasi Al-Qur'an, dan uji validitas. Hasil analisis terhadap uji validitas diperoleh: (1) Nilai V untuk setiap aspek penilaian prototype desain pembelajaran berada pada kategori “Valid” dengan catatan revisi kecil, dan (2) Nilai V untuk setiap aspek penilaian buku ajar berada pada kategori “Sangat Valid” dengan catatan revisi kecil. Oleh karena itu desain pembelajaran trigonometri terintegrasi Al-Qur'an dengan konsep sibaliparriq sebagai model pembelajaran dikatakan valid dan layak diuji cobakan kepada Mahamahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Al Asyariah Mandar.

Article Details

How to Cite
AHMAD, Herlina et al. Uji Validitas Desain Pembelajaran Trigonometri. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [384-395], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/983>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Fessler, M.A., Rosenberg, M.S., & Rosenberg, L.A., (1991). Concomitant Learning Disabilities and Learning Problem among Students with Behavioral/Emotional Disordesr. Behavioral Disorders, 16(2), 97-106.
[2] Ahmad, Herlina dkk. Desain Pembelajaran Trigonometri Terintegrasi Alquran dengan Konsep Sibaliparriq sebagai Model Pembelajaran. 2019. Takalar: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.
[3] Koberg, Don and Jim Bagnall. 1974. The Universal Traveler: Acampanion for those on Problem Solving Journeys and Soft-Systems Guide to the Process of Design. Los Altos: William Kaufmann, Inc.
[4] Rahman, Masud Darmawan. 2006. Siwaliparri dalam Perspektif Pemberdayaan Perempuan. Yogyakarta: Beranda Cendikia Konsultan.
[5] Mandra, Muis A. 2004. Mandar dalam Perspektif Lontar. Makassar: Makalah Panitia Seminar Tahap II DPD KNPI Kab. Polmas.
[6] Jusuf, M. (2016). Dinamika Budaya Sibaliparriq pada Masyarakat Mandar (Studi Kasus di desa Tammejarra Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
[7] Bodi, Muh. Idham Khalid. 2005. Siwaliparri, Gender Masyarakat Mandar. Makassar: Graha Media Celebes.
[8] Feliciano, F.T. dan B. Fausto, UY. 1974. Modern Trigonometry (Plane and Spherical). Manila, Philipenes. Merriam And Webster.
[9] Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational design research, 11-50.
[10] Tessmer, M., & Wedman, J. F. (1990). A layers-of-necessity instructional development model. Educational Technology Research and Development, 38(2), 77-85.