IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF SISWA KELAS 1 SDN TURI 1 BLITAR

Main Article Content

Dyah Afifah Andari

Abstract

Abstrak:


            Bentuk karakter kreatif yang dimiliki setiap siswa kelas 1 belum terlihat secara jelas, antara lain belum berani menyampaikan ide, dan kemampuan menulis yang rendah dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sehingga harus dilaksanakan dengan bimbingan guru. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia guru hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi sehingga siswa lebih mudah bosan dan pasif. Salah satu upaya yang dapat diterapkan yakni menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk menumbuhkan karakter kreatif siswa kelas 1.


Tujuan penelitian ini untuk 1). Menganalisis perencanaan  dan pelaksanaan model discovery learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 1 SDN Turi 1 Blitar, 2). Mendeskripsikan bentuk karakter kreatif yang ditumbuhkan oleh siswa kelas 1 berdasarkan model discovery learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Turi 1 Blitar, dan 3). Mendeskripsikan dampak penerapan model discovery learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk menumbuhkan karakter kreatif siswa kelas 1 SDN Turi 1 Blitar.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Studi kasus merupakan jenis pendekatan kualitatif yang menelaah sebuah kasus tertentu dalam konteks kehidupan nyata. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data tersebut dikumpulkan melalui tiga cara, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Perencanaan dilakukan dengan memperhatikan karakteristik siswa, kondisi kelas, penentuan tujuan pembelajaran, perancangan RPP sesuai dengan silabus dan buku siswa disesuaikan dengan tahapan model discovery learning. Pelaksanaan dalam model discovery learning memuat, pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan kesimpulan. Penilaian dilakukan dengan pengamatan kelas, dan lembar kerja siswa untuk melihat aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan siswa kelas 1 SDN Turi 1 Blitar. 2). Bentuk karakter kreatif yang tumbuh oleh siswa kelas 1 di SDN Turi 1 Blitar, yaitu siswa menunjukkan kemampuan menyampaikan ide, secara mandiri mengerjakan tugas, menulis kosakata baru dan menyusun kosakata menjadi kalimat sederhana secara individu. 3). Dampak penerapan model discovery learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk menumbuhkan karakter kreatif siswa kelas 1 SDN Turi 1 Blitar, antara lain dalam manfaat pembelajaran, siswa mampu mengerjakan tugas secara mandiri, siswa aktif dalam pembelajaran, siswa mampu  memahami  kosakata baru dan menyusun kosakata menjadi kalimat sederhana dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan kekurangan pembelajaran, antara lain guru membutuhkan tenaga berlipat ganda dalam menerapkan model discovery learning dengan sintaks yang bertahap, membutuhkan waktu yang lama sehingga siswa mudah merasa bosan dan kembali ramai dalam pembelajaran


Kata Kunci:                                                                                                 


Model Discovery Learning, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Karakter Kreatif.


 


Abstract:  


            Creative characters possessed by every grade 1 student is not clearly seen, including not being able to convey ideas, and poor writing skills in learning Indonesian, so they must be carried out with the guidance of the teacher. In learning Indonesian, the teacher only uses lecture and discussion methods so that students are more easily bored and passive. One effort that can be applied is to use discovery learning models in Indonesian language learning to foster the creative character of grade 1 students.


The purpose of this study is to 1). Analyzing the planning and implementation of discovery learning models in Indonesian language learning for grade 1 students of SDN Turi 1 Blitar, 2). Describe the form of creative characters grown by students in grade 1 based on the discovery learning model in learning Indonesian at SDN Turi 1 Blitar, and 3). Describe the impact of applying discovery learning models in Indonesian language learning to foster the creative character of grade 1 students of SDN Turi 1 Blitar.


Research uses a qualitative approach to the type of case study. Case studies are a type of qualitative approach that examines a particular case in a real-life context. The data used are primary and secondary data. The data was collected in three ways, namely interviews, observation, and documentation.


The results of this research indicate that 1). Planning is done by paying attention to students' characteristics, class conditions, determining learning objectives, designing lesson plans in accordance with the syllabus and student books adjusted to the stages of the discovery learning model. Implementation in the discovery learning model includes, providing stimulus, problem identification, data collection, data processing, verification, and conclusions. The assessment was carried out with classroom observations, and student worksheets to see aspects of the attitudes, knowledge and skills of students in grade 1 at SDN Turi 1 Blitar. 2). The form of creative characters that are grown by students in grade 1 at SDN Turi 1 Blitar, namely students demonstrate the ability to convey ideas, independently work on assignments, write new vocabulary and arrange vocabulary into simple sentences individually. 3). The impact of applying discovery learning models in Indonesian language learning to foster the creative character of grade 1 students at SDN Turi 1 Blitar, among others in the benefits of learning, students are able to do assignments independently, students are active in learning, students are able to understand new vocabulary and arrange vocabulary into simple sentences in learning Indonesian, and lacking in learning, among others, teachers need multiplied power in applying discovery learning models with a gradual syntax, requiring a long time so that students easily feel bored and busy again in learning


Keywords :


Discovery Learning Model, Indonesian Language Learning, Creative Characters.

Article Details

How to Cite
ANDARI, Dyah Afifah. IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF SISWA KELAS 1 SDN TURI 1 BLITAR. SEMINAR NASIONAL MAGISTER PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH, [S.l.], v. 1, n. 1, mar. 2022. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SNPGMI/article/view/1404>. Date accessed: 19 aug. 2022.
Section
Articles