PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM MODEL BLENDED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK MI

Main Article Content

admin snpgmi

Abstract

Pemanfaatan Media YouTube dalam Model Blended Learning bagi Peserta Didik MI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media YouTube dalam model blended learning di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini mengombinasikan antara pembelajaran face-to-face dan online pada pembelajaran di Madrasah Ibtidayah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dengan teknik analisis data dengan analisis Miles dan Huberman. Subjek penelitian ini adalah peserta didik MI Roudlotul Jannah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media YouTube digunakan dalam pembelajaran tertentu yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring dan menekankan pada proses pembuatan media YouTube secara interaktif oleh pendidik. Pembelajaran tatap muka dan daring akan memudahkan peserta didik memahami pembelajaran secara komprehensif sehingga model blended ini digunakan dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah.


Kata Kunci: Pemanfaatan YouTube, Blended Learning, Peserta Didik MI

Article Details

How to Cite
SNPGMI, admin. PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM MODEL BLENDED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK MI. SEMINAR NASIONAL MAGISTER PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH, [S.l.], v. 1, n. 1, mar. 2022. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SNPGMI/article/view/1522>. Date accessed: 19 aug. 2022.
Section
Articles