TY - JOUR AU - Rozi, Syaikhu AU - Wahyuni, Eka Sri PY - 2019/12/24 TI - Penguatan Moral Kepemimpinan Siswa Melalui Implementasi Pendidikan Berbasis Pengasuhan dan Pengembangan Peran Tutor Sebaya JF - Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED); Vol 4 No 1 (2019): Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) KW - N2 - Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan hasil penyelesaian persoalan moral kepemimpinan siswa di sekolah. yang dilaksanakan oleh guru dengan cara mengimplementasikan pendidikan berbasis pengasuhan dan penguatannya dengan pengembangan peran siswa sebagai tutor sebaya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Artikel merupakan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang prosesnya dilaksanakan secara kualitatif dengan pendekatan penelitian Participatory Action Research Technical-Collaborative (Teknik Kolaboratif) . Analisis hasil pemberian treatment menunjukkan bahwa pendidikan berbasis pengasuhan yang dilaksanakan dengan memberikan perhatian, pengawasan, penghargaan dan fasilitasi minat-bakat siswa, dapat menyelesaiakan persoalan moral kepemimpinan siswa secara efektif. Adapun untuk memperkuat moral kepemimpinan siswa yang telah meningkat dengan telah diberikannya treatmen berupa pendidikan berbasis pengasuhan, maka dilakukan pengembangan peran siswa sebagai tutor sebaya dalam suatu studi club di sekolah untuk membantu siswa lain yang mengalami kesulitan dalam mencapai kompetensi mata pelajaran Bahasa Inggris. UR - http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1086