TY - JOUR AU - Amrullah, Hasyim AU - Mufidah, Nuril AU - Khasanah, Dwi Zumarotul PY - 2021 TI - ANALISIS STRATEGI DAN METODE BELAJAR PADA KELAS TA’LIM AL-QUR’AN KELAS QIRA’AH B DI MABNA KHADIJAH AL-KUBRO TAHUN 2020 JF - Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED); Vol 5 No 1 (2020): Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) KW - N2 - Setiap lembaga maupun lingkunan pendidikan pastinya memiliki konsep kegiatan belajar yang memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan lingkungan pendidikan yang lainnya, yang mengakibatkan terciptanya tujuan belajar yang berbeda sehingga untuk mencapai tujuan belajar tertentu maka harus diciptakan sistem lingkungan belajar yang tertentu pula. Seperti halnya pada proses belajar mengajar yang terdapat pada kelas ta’lim Al-Quran Qira’ah B di Mabna Khadijah Al-Kubro tahun 2020. Kelas ta’lim tersebut sama halnya dengan kegiatan madrasah diniyah yang didalamnya berisi kajian tentang ilmu keagamaan khususnya pada ilmu tajwid, Oleh karena itu Muallimah menggunakan strategi dan metode belajar untuk mencapai tujuan pengajaran yang akan dicapai. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Metode yang diterapkan pada kelas ta’lim al-quran qiraah B antara lain: Metode ceramah, Tanya jawab, Metode diskusi, Metode jibril dan metode menghafal. (2) Sedangkan strategi untuk mempermudah penerapan metode tersebut yakni dengan menerapkan stratifikasi kelas sesuai dengan kemampuan mahasantri. Sehingga dapat diciptakan suasana pembelajaran yang selaras dengan tingkat kemampuan dan materi yang sesuai. (3) Kesemuanya tingkatan ditentukan sesuai dengan kemampuan mahasantri yang diukur berdasarkan Placement Test dan nilai ujian mereka saat Ujian akhir semester. (3) Metode yang diterapkan pada kelas ta’lim Al-Quran dikelas ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan keberhasilan pengajarannya. UR - http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1232