TY - JOUR AU - Aisyah, Maulina PY - 2021 TI - PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER KEWIRAUSAHAAN DI SD ANAK SALEH KOTA MALANG JF - Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED); Vol 5 No 1 (2020): Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) KW - N2 - Pendidikan kurikulum 2013 menerapkan upaya pembentukan karakter pada peserta didik karena pendidikan karakter dinilai sebagai sesuatu yang harus diterapkan agar karakter penerus bangsa dapat terbentuk sehingga budi pekerti luhur menjadi karakter yang dituju dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu karakter yang ingin dibentuk yaitu karakter percaya diri pada peserta didik. Karakter ini penting diterapkan sebagai penunjang proses pembelajaran didalam kelas yang diharapkan siswa menjadi aktif dan tidak malu dalam mengutarakan pendapatnya. Upaya pembentukan karakter ini dapat melalui kegiatan ekstrakurikuler kewirausahaan sebagaimana yang diterapkan oleh SD Anak Saleh Kota Malang. Penelitian ini menerapkan penelitian deskriptif kualitatif sedangkan teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi non-partisipan, wawancara terstruktur serta dokumentasi kegiatan. Subyek penelitian meliputi 12 siswa kelas junior, 32 siswa kelas senior, guru penanggungjawab ekstrakurikuler dan 2 orang pembina ekstrakurikuler kewirausahaan SD Anak Saleh Kota Malang. Pada penelitian ini diterapkan pula analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa: (1) Karakter percaya diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler kewirausahaan dinilai oleh beberapa indikator yaitu sikap yakin atas kemampuan yang dimiliki, sikap optimis dan tanggung jawab. (2) Sistem pelaksanaan program ekstrakurikuler kewirausahaan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. (3) Implikasi program ekstrakurikuler kewirausahaan ditujukan bagi guru, siswa dan orang tua siswa. UR - http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1239