TY - JOUR AU - A’yun, Kurroti PY - 2022 TI - INOVASI RESTORASI KONSEPSI PADA PENENTUAN AWAL-AKHIR RAMADAN BERBASIS LOGIKA QURANY PERSPEKTIF SAINTIFIK DI PESANTREN JF - Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED); Vol 7 No 1 (2022): Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) DO - 10.18860/icied.v7i1.1963 KW - N2 - Konsepsi mengenai penentuan awal akhir Ramadan bagi peserta didik perlu dibenahi agar peserta didik tidak bingung menggunakan atau memilih mana di antara dua perbedaan yang benar. Di mana yang pertama dengan metode hisab atau kalender. Konsepsi kedua mengikuti al Quran, khususnya Q.S al Baqarah ayat 185, dari kata fa man syahida minkum , yang kemudian ditradisikan dalam bentuk kegiatan melihat bulan atau hilal setiap awal dan akhir Ramadan. Dua pola penentuan tersebut berkaitan dengan dua pola pemikiran atau pemahaman. Sesuai dengan pemahaman di bidang filsafat mengenai logika berpikir, apabila kita condong pada salah satu pemikiran, yaitu sekedar empiris atau sekedar apriori, maka kita akan “gagal” atau “salah” memahami makna kejadian. Maka, perlu ada inovasi restorasi konsepsi sebagai inovasi pembelajaran mengenai penentuan awal akhir Ramadan yang tidak hanya berbasis logika tapi juga Qurany sesuai aturan Sang Maha Benar. Digunakan metode penelitian kuantitatif di sini, yang berarti ada upaya menggunakan perspektif saintifik khususnya dengan aksioma positivisme dan dengan desain penelitian one shot case study . Selain itu, penelitian ini memanfaatkan gabungan pemikiran empiris dengan apriori dalam kondisi khusus sesuai aturan dasar dari Sang Maha Pencipta Alam Semesta yaitu al Quran. Konsepsi diukur menggunakan instrumen berbentuk tes dengan pola sederhana two tiers , yaitu menambahkan CRI ( Certainty Response Index ) ke dalam instrumen tes tersebut. Setelah penelitian beberapa tahun dengan aksioma positivisme pada siswa dan mahasiswa di bawah yayasan pendidikan bernama Yayasan Muhammad Ya’qub (YMY), penulis mendapati adanya conceptual change akibat restorasi konsepsi yang digalakkan mulai awal hingga akhir restorasi konsepsi di lembaga pendidikan di bawah naungan YMY. Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara konsepsi sebelum dan sesudah menimba ilmu di lingkungan UW atau ada perbedaan atau ada pengaruh tingkat konsepsi sebelum dan sesudah restorasi konsepsi, dengan nilai signifikansi 0,000 atau kurang dari α = 5%. UR - http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1963