%A Mibtadin, Mibtadin %A Patimah, Lilis %D 2022 %T MODERASI BERAGAMA, ISLAMIC STUDIES, DAN NEW PARADIGM: ARAH BARU PENGEMBANGAN ISLAMIC STUDIES DI PTKI %K %X Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) merupakan perguruan tinggi berbasis agama Islam yang banyak diminati masyarakat untuk tafaquh fi ad-din sebab lembaga ini menjadi al-markaz al-ilm wa al-tasqofah al-Islamiyah . PTKI menjadi ruang untuk pengembangan Islamic studies yang mengedepankan dua hal: al-‘ulm al-naqliyah dan al-‘ulum al-‘aqliyah . Bagaimana Islamic studies di PTKI dengan paradigma baru untuk pengembangan wawasan keislaman, kemanusiaan, dan keindonesiaan? Penelitian ini penelitian pustaka, analisis dengan pendekatan filosofis, metode analisisnya adalah deskriptif serta kritis analitis dengan kerangka berpikir deduktif. Arah baru pengembangan Islamic studies di PTKI dalam perumusan dan rekonstruksi wacana ditujukan pada penguatan pemahaman keislaman dan wawasan kebangsaan. Pengembangan Islamic studies di PTKI menempatkan Islam pada ruang relatively absolute melalui dua tinjaun paradigmatik. Pertama, al-‘ulum al-Islamiyah , mengkaji rumusan Islam sebagai agama secara keseluruhan yang seharusnya diketahui umat Islam atau Islamologie appliquée. Kedua, al-dirasat al-Islamiyah usaha melakukan kajian ilmiah, rasio, dan scientific approaches tentang Islam menggunakan metode keilmuan modern terkait dengan masyarakat, budaya, dan bahasa atau le fait Islamique . Rekonstruksi Islamic studies dengan paradigma inetgratif interkonektif sebagai usaha merubah mind set dari kajian keislaman bersifat teoritis kearah aplikatif. Pengembangan Islamic studies berwawasan moderasi beragama mengedepankan empat indikator yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, sikap anti-kekerasan, dan akomodasi budaya lokal. Empat indikator itu dibangun atas dasar empat aspek: umat Islam, tradisi keislaman, tradisi ilmiah, dan narasi kebangsaan. Islamic studies dengan sebaran matakuliah yang ada ada dapat membantu mahasiswa mengembangkan budaya majemuk yang ada di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara berlandaskan nilai kemanusiaan. %U http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1967 %J Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) %0 Journal Article %P 27-38%@ 2613-9804 %8 2022-12-01