Kemampuan Mengaji Anak Usia 7–12 Tahun Melalui Metode Al-Barqy Di TPA Nur Hikmah Depok

Main Article Content

Lativa Qurrotaini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ahklak anak yang masih cenderung rendah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan mengaji anak usia 7–12 tahun melalui metode al barqy di Taman Pendidikan Al Quran Nur Hikmah. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Pendidikan Al Quran Nur Hikmah dan anak sekitar lingkungan Taman Pendidikan Al Quran Nur Hikmah yang mengaji dirumah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 anak yang terdiri dari usia 7-12 tahun. Metode yang digunakan adalah eksperimental semu (quasi experimental research), dengan menggunakan test. Soal yang diberikan sebanyak 15 soal. Hasil perhitungan bedasarkan penelitian ini analisis menunjukan kemampuan mengaji anak usia 7-12 tahun melalui metode al barqy di Taman Pendidikan Al Quran Nur Hikmah Depok. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan menunjukkan hasil uji t table sebesar 1.725 yang menunjukan bahwa t hitung > t tabel 4.884 > 1.725. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengaji anak usia 7–12 tahun melalui metode al barqy berpengaruh terhadap akhlak di Taman Pendidikan Al Quran Nur Hikmah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat terhadap pihak–pihak terkait yang dapat memanfaatkan seperti kepada guru, orang tua, siswa, lingkungan sekitar dan peneliti selanjutnya.

Article Details

How to Cite
QURROTAINI, Lativa. Kemampuan Mengaji Anak Usia 7–12 Tahun Melalui Metode Al-Barqy Di TPA Nur Hikmah Depok. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 22-26, dec. 2019. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1061>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles