Pengembangan Modul Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Logika Dasar
Main Article Content
Abstract
Pendekatan pembelajaran berbasis masalah merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal untuk mendapatkan pengetahuan baru. Mahasiswa dapat memecahkan masalah pembelajaran secara berkelompok dalam pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan pengembangan modul berbasis masalah pada mata kuliah logika dasar. Penelitian ini diharapkan akan memberikan suatu hasil pengembangan modul yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian yang akan digunakan adalah mengikuti rangkaian penelitian pengembangan (developmental research). Secara garis besar penelitian ini akan dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu: define, design, develop, dan disseminate . Tahap define meliputi analisis materi logika dan analisis pendekatan berbasis masalah; tahap design meliputi penyusunan draf modul dan instrumen; develop meliputi tahap ujicoba modul berbasis masalah pada mata kuliah logika dasar dan adanya evaluasi serta penyempurnaan modul tersebut; serta tahap disseminate melakukan penyebaran modul berbasis masalah pada mata kuliah logika dasar yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah logika dasar. Penelitian ini akan dilaksanakan di IKIP Budi Utomo Malang Semester I Kelas 2019 B. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi dari validator ahli sebagai berikut: pengembangan modul dengan nilai 3.60 dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil dari angket mahasiswa dengan nilai 3.55 dengan kategori sangat baik. Produk akhir berupa bahan modul berbasis masalah pada mata kuliah logika dasar.