Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Main Article Content

Rini Nafsiati A Ahmad Vikhas Nanda Intan M

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa pada uji coba terbatas dan 30 siswa pada uji coba lebih luas di kelas V MI pada materi perubahan wujud zat. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) validasi LKS dilakukan oleh tiga validator, hasil validasi LKS diperoleh rata-rata penilaian pada aspek validitas konstruk 3,95 telah memenuhi kategori valid dan 3,82 pada aspek validitas isi telah memenuhi kategori valid, 2) peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa diukur dari skor rata-rata N-gain siswa pada uji coba terbatas 0,45  dengan kategori sedang dan pada uji coba lebih luas 0,75 dengan kategori tinggi, 3) respons siswa menunjukkan >76% memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis keterampilan keterampilan proses sains yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis sehingga layak digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Article Details

How to Cite
A, Rini Nafsiati; VIKHAS, Ahmad; M, Nanda Intan. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 38-46, dec. 2019. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1064>. Date accessed: 07 apr. 2020.
Section
Articles