Penguatan Moral Kepemimpinan Siswa Melalui Implementasi Pendidikan Berbasis Pengasuhan dan Pengembangan Peran Tutor Sebaya

Main Article Content

Syaikhu Rozi Eka Sri Wahyuni

Abstract

Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan hasil penyelesaian persoalan moral kepemimpinan siswa di sekolah. yang dilaksanakan oleh guru dengan cara mengimplementasikan pendidikan berbasis pengasuhan dan penguatannya dengan pengembangan peran siswa sebagai tutor sebaya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Artikel merupakan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang prosesnya dilaksanakan secara kualitatif dengan pendekatan penelitian Participatory Action Research Technical-Collaborative (Teknik Kolaboratif). Analisis hasil pemberian treatment menunjukkan bahwa pendidikan berbasis pengasuhan yang dilaksanakan dengan memberikan perhatian, pengawasan, penghargaan dan fasilitasi minat-bakat siswa, dapat menyelesaiakan persoalan moral kepemimpinan siswa secara efektif. Adapun untuk memperkuat moral kepemimpinan siswa yang telah meningkat dengan telah diberikannya treatmen berupa pendidikan berbasis pengasuhan, maka dilakukan pengembangan peran siswa sebagai tutor sebaya dalam suatu studi club di sekolah untuk membantu siswa lain yang mengalami kesulitan dalam mencapai kompetensi mata pelajaran Bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
ROZI, Syaikhu; WAHYUNI, Eka Sri. Penguatan Moral Kepemimpinan Siswa Melalui Implementasi Pendidikan Berbasis Pengasuhan dan Pengembangan Peran Tutor Sebaya. Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 206-215, dec. 2019. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1086>. Date accessed: 09 aug. 2020.
Section
Articles