Pembelajaran Bahasa Arab Digital dengan Menggunakan Media Padlet di Madrasah Aliyah Billingual Batu

Main Article Content

Gesta Lestari Ana Mahbubah Mokhammad Fadhil Masykuri

Abstract

Di era digital Mayoritas para siswa sudah menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-harinya. Perkembangan teknologi digital yang semakin canggih di era ini memberikan tantangan tersendiri bagi pembelajaran bahasa Arab untuk terus melakukan inovasi dan kreativitas pada pengembangan media pembelajaran bahasa Arab yang efektif dan menarik. akan tetapi setelah kita perhatikan di beberapa sekolah para guru masih belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan terkini. Sehingga siswa tidak bersemangat dan tidak memperhatikan pelajaran dengan baik. Akibatnya akan mempengaruhi rendahnya minat dan kemampuan mereka dalam belajar bahasa Arab. Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media padlet. Media padlet adalah sebuah media digital yang ditujukan untuk belajar maharah kitabah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan media padlet pada proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Billingual Batu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi padlet dapat menunjang guru dalam aktivitas pembelajaran bahasa Arab yang menyenangkan. Karena guru dan siswa dapat menulis apapun yang berkaitan dengan pembelajaran dan saling bertukar pikiran dengan mengirimkan gambar, vidio dan link melalui media padlet. Mereka belajar melalui digital teknologi dengan media padlet sehingga tidak lagi membutuhkan papan tulis untuk menulis. Kendala yang ditemui adalah tidak semua siswa aktif dalam mengungkapkan pikirannya lewat tulisan melalui padlet.

Article Details

How to Cite
LESTARI, Gesta; MAHBUBAH, Ana; MASYKURI, Mokhammad Fadhil. Pembelajaran Bahasa Arab Digital dengan Menggunakan Media Padlet di Madrasah Aliyah Billingual Batu. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 238-244, dec. 2019. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1092>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles