Penerapan Learning Management System pada Pembelajaran Zakat Wakaf Melalui Aplikasi Schoology.Com Sebagai Alternatif Peningkatan Budaya Baca Bagi Mahasiswa Pada Prodi Hukum Bisnis Syari’ah Universitas Trunojoyo Madura

Main Article Content

Muttaqin Choiri

Abstract

Penelitian Program for International Student Assessment (PISA), menunjukkan peringkat literasi Indonesia berada pada rangking 62 dari 70 negara yang disurvey, hal ini menunjukkan budaya baca bagi rata-rata masyarakat Indonesia dalam level yang sangat rendah. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan pada mahasiswa terutama ilmu sosial yang lebih banyak membutuhkan literasi dan sumber pengetahuan dari membaca, termasuk juga pemahaman mahasiswa tentang mata kuliah pada materi zakat wakaf, dimana beberapa literatur materi bisa diunduh di beberapa laman, berbasis Portable Document Format (PDF). Dengan bantuan Schoology.com yang merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak program pembelajaran elektronik dalam Learning Manajemen System dapat menjadi salah satu alternatif dalam peningkatan budaya baca mahasiswa pada materi tertentu.Pembelajaran berbasis LMS ini, megedepankan self service dan self guided, dimana mahasiswa diberikan perintah untuk  melakukan kegiatan tertentu sebelum dimulainya tatap muka dalam pembelajaran. Data keaktifan mahasiswa dapat diketahui dengan instrumen berupa lembar observasi dalam kelompok, sedang pemahaman hasil baca  mahasiswa dilihat dari tes hasil belajar pada aplikasi schooology.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Mahasiswa berinteraksi secara aktif dalam pembelajaran  berdasarkan hasil bacaan pada self service atau self guided di aplikasi, 2) LMS dapat berfungsi sebagai alternatif dalam membudayakan budaya baca pada proses pembelajaran 

Article Details

How to Cite
CHOIRI, Muttaqin. Penerapan Learning Management System pada Pembelajaran Zakat Wakaf Melalui Aplikasi Schoology.Com Sebagai Alternatif Peningkatan Budaya Baca Bagi Mahasiswa Pada Prodi Hukum Bisnis Syari’ah Universitas Trunojoyo Madura. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 245-252, dec. 2019. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1093>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles