Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab (Mufrodat)

Main Article Content

Rizka Ridho Utami Siti Muhafidhoh Ulfi Andrian Sari

Abstract

Media memberi peran penting dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitan ini untuk menerapkan media kartu bergambar dalam pembelajaran mufrodat di kelas VII MTs Surya Buana Malang sehingga mampu menarik perhatian siswa dalam belajar bahasa Arab sehingga meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai materi yang diajarkan khususnya dalam menghafal mufrodat. Metode yang digunakan adalah kualitatif.  Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes lisan, dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penerapan media kartu bergambar ini yaitu : pada pertemuan pertama dalam penerapan ini belum nampak peningkatan yang signifikan. Hanya terdapat 13 siswa yang menguasai mufrodat, kemudian 9 siswa yang cukup menguasai, dan sebanyak 8 siswa yang belum menguasai. Pada pertemuan kedua nampak peningkatan yang signifikan jumlah siswa yang menguasai mufrodat diantaranya sebagai berikut: terdapat 4 orang siswa yang belum mampu menguasai mufrodat, 6 siswa yang cukup menguasai dan 20 siswa yang sudah menguasai mufrodat yang telah diajarkan. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar efektif digunakan untuk meningkatan ketertarikan siswa dalam belajar bahasa Arab khususnya dalam menghafal dan menguasai mufrodat

Article Details

How to Cite
UTAMI, Rizka Ridho; MUHAFIDHOH, Siti; SARI, Ulfi Andrian. Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab (Mufrodat). Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 253-258, dec. 2019. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1094>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles