ANALISIS STRATEGI DAN METODE BELAJAR PADA KELAS TA’LIM AL-QUR’AN KELAS QIRA’AH B DI MABNA KHADIJAH AL-KUBRO TAHUN 2020

Main Article Content

Hasyim Amrullah Nuril Mufidah Dwi Zumarotul Khasanah

Abstract

Setiap lembaga maupun lingkunan pendidikan pastinya memiliki konsep kegiatan belajar
yang memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan lingkungan pendidikan yang
lainnya, yang mengakibatkan terciptanya tujuan belajar yang berbeda sehingga untuk mencapai
tujuan belajar tertentu maka harus diciptakan sistem lingkungan belajar yang tertentu pula.
Seperti halnya pada proses belajar mengajar yang terdapat pada kelas ta’lim Al-Quran Qira’ah B di
Mabna Khadijah Al-Kubro tahun 2020. Kelas ta’lim tersebut sama halnya dengan kegiatan
madrasah diniyah yang didalamnya berisi kajian tentang ilmu keagamaan khususnya pada ilmu
tajwid, Oleh karena itu Muallimah menggunakan strategi dan metode belajar untuk mencapai
tujuan pengajaran yang akan dicapai. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Metode yang
diterapkan pada kelas ta’lim al-quran qiraah B antara lain: Metode ceramah, Tanya jawab, Metode
diskusi, Metode jibril dan metode menghafal. (2) Sedangkan strategi untuk mempermudah
penerapan metode tersebut yakni dengan menerapkan stratifikasi kelas sesuai dengan kemampuan
mahasantri. Sehingga dapat diciptakan suasana pembelajaran yang selaras dengan tingkat
kemampuan dan materi yang sesuai. (3) Kesemuanya tingkatan ditentukan sesuai dengan
kemampuan mahasantri yang diukur berdasarkan Placement Test dan nilai ujian mereka saat Ujian
akhir semester. (3) Metode yang diterapkan pada kelas ta’lim Al-Quran dikelas ini memiliki
kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan keberhasilan
pengajarannya.

Article Details

How to Cite
AMRULLAH, Hasyim; MUFIDAH, Nuril; KHASANAH, Dwi Zumarotul. ANALISIS STRATEGI DAN METODE BELAJAR PADA KELAS TA’LIM AL-QUR’AN KELAS QIRA’AH B DI MABNA KHADIJAH AL-KUBRO TAHUN 2020. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 86 - 95, jan. 2021. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1232>. Date accessed: 06 mar. 2021.
Section
Articles