IMPLEMENTASI KURIKULUM AKHLAK DI SEKOLAH ALAM GENERASI RABBANI

Main Article Content

Khaninnunajibah Khaninnunajibah M. Irfan Islamy

Abstract

Kurikulum akhlak merupakan salah satu pilar kurikulum dalam sekolah alam yang dapat menjadi suatu alternatif atas permasalahan dalam dunia pendidikan kini, yaitu masalah akhlak. Dimana berbagai kasus krisis akhlak pada kalangan pelajar sedang maraknya terjadi akhir-akhir ini, seperti bullying, tawuran, kurangnya sopan santun terhadap guru dan orang tua, penyalahgunaan narkoba, dan sebagainya. Hal ini terjadi karena masih banyaknya lembaga pendidikan yang terlalu fokus dalam pengembangan kognitif siswa dibandingkan dengan pengembangan akhlaknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum akhlak terhadap pembentukan akhlak siswa di Sekolah Alam Generasi Rabbani. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi kurikulum akhlak terbagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap implementasi serta tahap evaluasi. Sehingga dari berbagai tahapan implementasi kurikulum akhlak tersebut membentuk empat akhlak pada diri siswa seperti akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap sesama, akhlak terhadap diri sendiri, dan akhlak terhadap alam.

Article Details

How to Cite
KHANINNUNAJIBAH, Khaninnunajibah; ISLAMY, M. Irfan. IMPLEMENTASI KURIKULUM AKHLAK DI SEKOLAH ALAM GENERASI RABBANI. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 112 - 121, jan. 2021. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1234>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles