STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: STUDI EKSPLORASI THAILAND DAN INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran Guru Sekolah Dasar
dalam mengembangkan karakter siswa Sekolah Dasar di era revolusi industri 4.0. Pendidikan
karakter menjadi hal yang penting terutama dalam menghadapi era baru yang menantang dan
berpengaruh di segala bidang termasuk bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dimana peneliti melakukan eksplorasi mendalam
tentang aktifitas dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh Guru Sekolah Dasar. Lokasi
Penelitian ini berada di dua tempat yakni di Sekolah Dasar Ban Huailuek School, Krabi, Thailand
dan Sekolah Dasar di Indonesia yang berada di daerah Blitar. Pertimbangan pengambilan lokasi
yakni kedua sekolah sama-sama berada di pinggian kota dengan karakteristik siswa yang hampir
sama. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni pedoman wawanncara dan observasi.
Selanjutnya analisis data menggunakan metode deskriptif dengan tiga tahapan yakni kondensasi
data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
beberapa strategi pembelajaran yang dapat menunjang pengembangan karakter antara lain NHT
(number head together), strategi bermain, bermain peran, menyanyi, direct method, tanya jawab,
scaffolding, modelling, dan behavioral (reinforcement & punishment). Karakter yang dikembangkan
dari berbagai strategi tersebut antara lain tanggungjawab, mandiri, jujur, percaya diri, empati, dan
berani.