INOVASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PENDIDIKAN DASAR ISLAM: BELAJAR PENGALAMAN DARI SDI SURYA BUANA MALANG

Main Article Content

Roni Harsoyo Shellya Khabib Dirgantari

Abstract

Pandemi COVID-19 memaksa lembaga pendidikan untuk meniadakan pembelajaran tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh, tidak terkecuali lembaga pendidikan dasar. Faktanya, implementasi pembelajaran jarak jauh tidak semudah membalik telapak tangan, penuh tantangan dan kendala. Untuk itu diperlukan inovasi agar pembelajaran jarak jauh dapat diakses baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Serta menjadikannya tidak hanya sebagai model pembelajaran alternatif, namun sebagai model pembelajaran yang diminati dan layak untuk dikembangkan. SDI Surya Buana Malang telah melakukan inovasi pembelajaran jarak jauh berbasis daring (dalam jaringan) yang meliputi: SaPa (Sarapan Pagi), presensi kehadiran secara online, Today’s Schedule, video pembelajaran, evaluasi pembelajaran harian, dan video conference. Inovasi lainnya adalah dalam pembelajaran luring yaitu Lembar Kegiatan Daring Siswa (Legendaris). Inovasi ini menjadikan pembelajaran jarak jauh lebih menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan, memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik, serta mampu menghadirkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Inovasi pembelajaran jarak jauh ini diharapkan dapat menjadi pengalaman terbaik bagi lembaga-lembaga pendidikan dasar (Islam dan umum) sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di lembaganya masing-masing.

Article Details

How to Cite
HARSOYO, Roni; DIRGANTARI, Shellya Khabib. INOVASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PENDIDIKAN DASAR ISLAM: BELAJAR PENGALAMAN DARI SDI SURYA BUANA MALANG. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 208 - 218, jan. 2021. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1247>. Date accessed: 06 mar. 2021.
Section
Articles