KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA KELAS V BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN
Main Article Content
Abstract
Kemampuan number sense matematika merupakan kemampuan terkait pemahaman terhadap suatu bilangan dan operasinya sehingga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan tanpa algoritma baku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan number sense matematika siswa kelas V dalam menyelesaikan permasalahan operasi hitung pecahan di MIN 3 Kediri. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen soal tes, wawancara, dan dokumentasi yang diujikan kepada 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuaan. Penelitian ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan number sense siswa kelas V MIN 3 Kediri di dominasi oleh siswa laki-laki karena dari soal-soal tes number sense mampu menjawab semuanya. Sedangkan siswa perempuan kurang dalam pengusaannya pada aspek representasi bilangan pemahaman dan penggunaan bentuk.