PENGEMBANGAN BAKAT PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM TINGKAT SEKOLAH DASAR PERSPEKTIF IBNU SINA

Main Article Content

Hidra Ariza

Abstract

Ibnu Sina adalah salah seorang ilmuwan muslim yang hidup pada abad ke 10 M. Selain dikenal sebagai “Bapak Pengobatan Modern”, Ibnu Sina juga salah seorang pemikir pendidikan Islam. Salah satu pemikiran Ibnu Sina dalam pendidikan Islam adalah penyesuaian kurikulum pembelajaran dengan perkembangan usia peserta didik. Menurut Ibnu Sina, selain aspek afektif, anak usia sekolah dasar (6-14 tahun) sudah bisa diberikan pelajaran yang mencakup aspek kognitif dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pengembangan bakat peserta didik melalui penerapan pendidikan Islam di usia sekolah dasar perspektif Ibnu Sina, mulai dari perencanaannya, pelaksanaan dan juga evaluasinya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan beberapa teknik diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penganalisisan data menggunakan prosedur reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini: (1) penetapan visi, misi, dan tujuan sekolah harus sesuai dengan prinsip pendidikan Islam perspektif Ibnu Sina sehingga dalam pengembangan program-program pendidikan tidak terlepas dari prinsip tersebut; (2) dalam pelaksanaan program-program pendidikan yang sudah ditetapkan, hal yang mutlak ada adalah hubungan kasih sayang antara guru dan peserta didik sehingga menimbulkan rasa aman, nyaman dan percaya diri pada diri peserta didik untuk menunjukkan bakat dan kreatifitasnya; (3) evaluasi memakai penilaian seluruh aspek pendidikan, seperti pendidik, ,metode, media, sarana/prasarana dan lingkungan pendidikan.

Article Details

How to Cite
ARIZA, Hidra. PENGEMBANGAN BAKAT PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM TINGKAT SEKOLAH DASAR PERSPEKTIF IBNU SINA. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], p. 686-694, dec. 2022. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/2100>. Date accessed: 05 mar. 2024.
Section
Articles